Desain Toilet Sering Diremehkan, Baca Informasi Ini Dulu

desain toilet
Sumber : https://www.iai-jakarta.org/berita/lihat/toilet-talk-series-ruang-diskusi-duta-IAIJakarta2017
Share this:

Desain toilet yang sesungguhnya sangat penting pada hunian. Namun yang terjadi adalah, seringkali mendapatkan pandangan sebelah mata dari para pemilik rumah. Dari mulai dikatakan ruangannya kotor, jorok, banyak kuman dan lembab sehingga pada akhirnya, banyak pemilik rumah yang mendesain toilet dan juga kamar mandi menjadi biasa saja. Tidak diberikan unsur dekoratif, tidak ada aksen warna karena yang paling penting ada ruang untuk melakukan aktivitas pembuangan itu sudah lebih dari cukup!

Tapi ternyata, semua pendapat miring di atas tersebut tentang toilet kini sudah dinggap menyimpang dan tidak wajar. Mengapa? Karena sudah banyak edukasi serta pembelajaran yang diberikan oleh para profesional terkait dalam hal ini adalah arsitek, yang membuat desain toilet menjadi cantik, menarik dan fungsional. Para arsitek sudah mulai berani tampil dan berbicara kepada para pemilik rumah bahwa toilet juga perlu mendapatkan perhatian serta konsep desain yang setara dengan ruangan lainnya yang ada di dalam hunian.

desain toilet
Sumber : https://www.iai-jakarta.org/berita/lihat/toilet-talk-series-ruang-diskusi-duta-IAIJakarta2017

Berdasarkan kegelisahan para arsitek inilah, IAI memprakarsai sebuah event yang membahas seputar toilet dan segala bagiannya bersama-sama. Dan terwujudlah event tersebut yang diberi nama : “Toilet Talk Series”. Acara yang diselenggarakan oleh IAI Jakarta ini digelar selama dua hari yaitu pada tanggal 7-8 Desember 2017. Acara “Toilet Talk Series” ini tidak luput juga untuk mengundang narasumber arsitek yang berpengalaman sobat! Diantaranya ada Irianto Purnomo Hadi (Nominee Penghargaan Hunian IAI 2017), Nining Adiwoso (Ketua Asosiasi Toilet Indonesia), Realrich Sjarief (Duta IAI Jakarta), Chaerul Amal (Ketua HDII Jakarta) serta Theresia Asri W. Purnomo  (Moderator).

Suasana Diskusi

Setelah acara dibuka oleh moderator , mulailah perbincangan soal toilet dimulai. Pertama-tama diskusi seru ini dibuka oleh Irianto Purnomo Hadi yang fokus mengangkat tentang konsep desain hunian yang kini tidak lagi fokus soal pemilihan style/gaya yang kalau tidak klasik atau minimalis. Namun kini pembicaraan hunian juga fokus soal desain area dapur dan area sanitary yaitu kamar mandi dan kloset. Mengapa dua area tersebut sekarang menjadi perhatian utama selain area lainnya. Karena kini desain interior kamar mandi beserta toilet mulai dianggap sebagai salah satu identitas dan juga pride bagi sang pemilik rumah. Apalagi di jaman millenial ini sudah banyak sekali desain toilet yang cantik dan unik, hingga pada akhirnya dijadikan tempat foto-foto anak muda-mudi!

Jika desain kamar mandi di 3 tahun lalu hanya mengutamakan kesan ‘yang penting basah’, sekarang desain kamar mandi sudah menjadi suatu gaya hidup atau lifestyle. Irianto menambahkan, persoalan untuk merancang sebuah kamar mandi pada akhirnya tidak lagi bisa sesederhana dahulu. Mengapa? Sebab secara hitung-hitungan desain per meter persegi, desain kamar mandi cukup mahal jika dibandingkan desain ruangan lainnya. Hal itu juga dipengaruhi oleh lokasi kamar mandi dan toilet pada denah yang bisa berbeda-beda, tergantung keyakinan agama sang pemilik rumah.

desain toilet
Sumber : https://www.iai-jakarta.org/berita/lihat/toilet-talk-series-ruang-diskusi-duta-IAIJakarta2017
Setelah itu sesi diskusi dilanjutkan oleh Bapak Realrich Sjarief yang juga seorang arsitek ternama di Jakarta. Menurut beliau ada tiga hal utama yang pada saat merancang desain kamar mandi dan toilet adalah :
  • Masalah kebocoran
  • Teknis pemasangan pipa dan saluran pembuangan harus teliti, baik karena jika keliru sang arsitek bisa dituntut oleh pemilik rumah
  • Belum ada konsep toilet yang standard di Indonesia.
Sehingga dari ketiga poin di atas, permasalahan desain toilet dan kamar mandi  tidak bisa dilihat secara sederhana atau sepele. Karena di kamar mandi lah, aktivitas bersih-bersih dan pembuangan dilakukan, jika aktivitas tersebut dilakukan pada ruangan yang desainnya keliru, maka seluruh aktivitas yang sudah direncanakan oleh sobat Rooang bisa berantakan! Setelah itu sang Ketua Asosiasi Toilet Indonesia yaitu Ibu Nining Adiwoso mengambil alih proses diskusi. Ada sangat banyak sekali faktor yang dulu dianggap tabu oleh para orang di Indonesia pada saat membicarakan toilet dan kamar mandi, seperti nama yang tidak menarik atau aktivitas rutinitas buang air yang tidak umum dibicarakan secara terbuka. Permasalahan yang terjadi juga sangat banyak lho, jika desain toilet dan kamar mandi dipikirkan secara sepele. Keberadaan toilet itu menyangkut banyak hal di dalam kehidupan manusia serta memberikan dampak penting untuk aspek-aspek kehidupan, mulai dari :
  • aspek geografis
  • aspek biologis
  • aspek matematis
  • aspek teknologi
  • aspek budaya
  • aspek perilaku/habit
  • aspek lingkungan

Nining Adiwoso menuturkan lagi bahwa, seringkali arsitek keliru menggambarkan perencanaan pipa di dalam toilet. Banyak sekali arsitek yang menggambarkan perencaan pipa di dalam gambar kerja dengan bentuk U, padahal hal tersebut tidak perlu dilakukan. Bukannya tidak boleh atau tidak bisa, ujar Ibu Nining. Namun itu adalah tindakan yang sia-sia (karena membuang uang) serta tidak efisien. Perencaan pipa toilet yang benar adalah berbentuk lurus saja, satu jalur ! Supaya jika ada penyumbatan akan lebih gampang ditangani oleh ahlinya, dibandingkan bentuk pipa toilet yang U tadi, tambah Ibu Nining. Perdebatan soal toilet duduk dan toilet jongkok pun dibahas oleh Nining Adiwoso. Beliau berkata bahwa, dari segi kesehatan toilet jongkok jauh lebih baik karena bagian tubuh manusia tidak bersentuhan langsung dengan kloset, sebab ada banyak kuman dan bakteri di dalamnya. Tapi toilet duduk pun tidak sepenuhnya salah, sebab ada beberapa kategori bentuk tubuh manusia yang susah untuk melakukan aktivitas buang air dengan berjongkok.

desain toilet
Sumber : https://www.iai-jakarta.org/berita/lihat/toilet-talk-series-ruang-diskusi-duta-IAIJakarta2017

Sebelum acara diskusi berakhir ketua HDII Jakarta yaitu Bapak Chaerul memberikan sedikit tips penting untuk para desainer yang akan merancang toilet. Yaitu masalah pemilihan pintu toilet menjadi hal yang cukup krusial, mengapa? Sebab, toilet dan kamar mandi adalah area basah yang rawan akan keberadaan air, cairan sabun shampoo atau caira pembersih lantai yang licin sehingga jika pintu yang dipilih terlalu rumit untuk dibuka, bisa-bisa pada saat terjadi kecelakaan atau kepeleset di dalam toilet, orang yang terjatuh akan terlambat ditolong. Dan hal tersebut akan sangat berbahaya tentunya khususnya untuk para orang tua dan lansia!

Kalau menurut sobat,  desain toilet seperti apa yang ingin diterapkan setelah membaca informasi penting di atas?

Share this:

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...

GET OUR BEST IN YOUR INBOX