1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
Sumber: Pinterest

Sebuah rumah dapat dikatakan indah atau tidak, karena beberapa alasan. Salah satunya adalah dari pengaruh faktor fasad rumah. Fasad rumah yang menawan akan membuat rumah tampak indah dan menarik, demikian pula sebaliknya. Sehingga untuk mendapatkan hal tersebut, jenis material fasad rumah yang akan digunakan pun perlu diperhatikan.

Pilihan jenis material fasad rumah umumnya memiliki keunggulan masing-masing yang dapat dipilih dan disesuaikan berdasarkan konsep rumah.

Baja

material fasad rumah
Sumber: http://www.popeti.com/

Baja merupakan bahan material yang kuat dan memberi kesan kokoh pada rumah. Penggunaan material baja bukan berarti fasad rumah seluruhnya menggunakan material baja, melainkan bisa dipadukan dengan penggunaan material lain seperti kayu, sehingga tampak semakin menawan. Baja memiliki sifat fleksibel sehingga dapat dipadukan dengan mudah untuk berbagai konsep desain rumah.

Kayu

material fasad kayu
Sumber: Pinterest

Penggunaan material kayu pada fasad rumah, membuat tampilan rumah tampak lebih elegan. Mempunyai kesan natural dan alami, material kayu juga terkesan hangat dan nyaman. Hanya saja pengaplikasian material kayu sebagai fasad rumah, membutuhkan perawatan khusus.

Beton

material fasad rumah beton
Sumber: http://arsitektur.me/

Penerapan beton sebagai fasad rumah sudah banyak digunakan mengingat bahan yang diperlukan pun mudah didapat. Untuk penerapannya Sobat Rooang bisa menerapkan material fasad beton dengan dilapisi cat pada bagian luarnya atau dengan menerapkan konsep beton ekspos pada rumah. Hanya saja pada penerapan beton ekspos, lebih mudah ditumbuhi lumut sehingga perlu perawatan yang lebih rutin.

Keramik

material fasad rumah keramik
Sumber: Pinterest

Keramik merupakan material yang juga bisa digunakan untuk mendapatkan fasad rumah yang sempurna. Sifatnya mudah dibersihkan dan juga tahan terhadap cuaca dan sinar matahari. Motif, warna dan desainnya pun beragam sehingga lebih banyak pilihan.

Batu

material fasad rumah
Sumber: http://batuandesit.info/

Penerapan material batu alam sebagai fasad rumah memberi kesan modern. Bahkan bukan hanya tampak elegan, material batu alam untuk fasad rumah juga memberi kesan mewah. Karakteristiknya yang cenderung dekat dengan alam, tampak menyatu dengan baik dengan lingkungan sekitar. Material batu alam juga dapat diterapkan pada berbagai desain rumah, dengan perhatian khusus sehingga tak boleh diterapkan secara asal-asalan.

Penerapan masing-masing material fasad rumah memiliki karakter dan keunggulannya masing-masing. Sobat Rooang bisa menentukan berdasarkan kebutuhan dan keinginan.