Tips Membuat Ruang Cuci Minimalis Dan Efisien

ruang cuci minimalis
Sumber: http://desainrumahkeren.com/

Ruang mencuci dan menyetrika seringkali tak begitu diperhatikan keberadaannya sehingga dibuat dengan ala kadarnya saja. Padahal ruangan tersebut juga tak kalah penting dan perlu diperhatikan desain serta penataannya. Karena ruang mencuci yang berantakan, tentu akan mengurangi keindahan desain rumah atau hunian. Dengan tips membuat ruang cuci minimalis dan efisien, ruang cuci di rumah dapat dibuat nyaman dan cantik tanpa harus menggunakan ruangan yang besar.

Pasalnya, ruang cuci dan setrika yang nyaman dan menyenangkan tak jarang bisa membuat semangat ikut meningkat. Sehingga pekerjaan panjang tersebut jadi terasa lebih menyenangkan dan tak melelahkan. Untuk mewujudkannya, ada beberapa tips membuat ruang cuci minimalis dan efisien yang perlu diperhatikan.

Tentukan Tempat 

tips membuat ruang cuci minimalis dan efisien
Sumber: http://properti.liputan6.com/

Menentukan area untuk laundry room merupakan hal yang penting untuk dilakukan sebagai langkah pertama. Untuk rumah yang besar, ruang mencuci dan menyetrika bisa dibuat di basement rumah sehingga agak terpisah dari rumah utama. Suara bising mesin cuci tak akan mengganggu aktivitas di dalam rumah dan jika ada rembesan air pun tak khawatir menggenangi rumah. Namun apabila rumah tak terlalu besar, maka ruang cuci bisa dibuat dengan memaksimalkan area yang ada. Misalnya dengan membuat ruang cuci di dekat kamar mandi, di dekat dapur atau di dekat halaman belakang rumah. Sehingga mempermudah Sobat Rooang untuk membuat saluran air mesin cuci dan menjemur pakaian.

Optimalkan Penggunaan Ruang

ruang cuci minimalis
Sumber: http://properti.liputan6.com/

Pada ruang cuci yang minimalis, memaksimalkan penggunaan ruang adalah sebuah keharusan. Agar tak terlalu banyak memakan tempat dan biaya, untuk sekat pembatas ruangan bisa menggunakan tirai atau partisi lipat. Sehingga saat tidak digunakan pun, ruang cuci tersebut dapat ditutup dan tak mengganggu keindahan desain ruangan. Ada baiknya juga menggunakan kursi dan meja untuk tempat menyetrika yang bisa dilipat-lipat dan mudah disimpan.

Perhatikan Penataan Barang

tips membuat ruang cuci minimalis dan efisien
Sumber: http://properti.liputan6.com/

Susun dan tata dengan baik semua barang yang diperlukan untuk keperluan mencuci. Sobat Rooang bisa menggunakan lemari minimalis yang mempunyai banyak sekat. Selain membuat ruang cuci tidak tampak berantakan dan rapi, tips tersebut juga membuat ruang cuci tampak lebih luas. Siapkan keranjang untuk baju kotor dan tempat khusus untuk baju yang sudah dikeringkan agar tak tercampur. Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan area ruang cuci ya.

Membuat ruang cuci yang nyaman dan cantik dapat memberi pengaruh positif pada saat melakukan kegiatan tersebut loh. Sobat Rooang tertarik menerapkannya?

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX