kesalahan menata rumah
Sumber: http://www.mydomaine.com/

Penataan rumah memiliki satu kesatuan dengan gaya yang diterapkan pada desain interior. Meski penataannya bisa disesuaikan dengan selera dan kemauan, namun keseluruhan dari penataan tersebut berhubungan dengan hasil akhir dari desain interior rumah. Sehingga jika ada kesalahan dalam menata rumah, hal tersebut akan berimbas pada kesan dan suasana rumah.

Oleh karena itu agar rumah tampak menawan dan tetap terasa nyaman, setidaknya ada beberapa kesalahan dalam menata rumah yang harus dihindari. Terlebih jika rumah tersebut berukuran sempit atau minimalis. Sedikit saja ada kesalahan dalam menata rumah, maka akan berefek besar pada rumah. Untuk menghindari hal itu, ada beberapa kesalahan umum yang harus dihindari saat menata rumah.

Minim Cahaya

Rumah yang memiliki ventilasi udara serta pencahayaan yang baik merupakan salah satu syarat rumah sehat. Selain bagus untuk kesehatan, rumah yang memiliki cahaya cukup juga memberi kesan lega pada ruangan. Sehingga jauh dari kesan kumuh dan pengap. Oleh karena itu, jangan biarkan rumah Sobat Rooang memiliki cahaya minimal, terlebih jika itu cahaya matahari. Usahakan untuk mendapatkan cahaya matahari bukan hanya dari satu sisi.

Terlalu Banyak Perabot

Rumah dengan perabotan yang terlalu banyak akan memberi kesan sempit pada ruangan. Maka sebaiknya Sobat Rooang mempertimbangkan baik-baik untuk pengaplikasian perabot atau furniture yang akan ditempatkan di dalam rumah. Ada baiknya jika perabotan atau furniture yang digunakan tersebut multi fungsi atau memiliki fungsi lebih dari satu. Sehingga selain dapat menghemat pengeluaran, juga dapat menjauhkan penataan rumah dari kesan penuh dan sumpek.

kesalahan dalam menata rumah
Sumber: Pinterest

Perabot Yang Tak Sesuai Dengan Ruangan

Jika perabot yang ukurannya terlalu besar diletakkan di dalam ruangan yang ukurannya sempit, tentu akan membuat ruangan tersebut terasa penuh dan jauh dari kesan menarik. Sehingga lebih baik jika menempatkan perabot sesuai dengan ukuran ruangan. Pemilihan model dan warna perabot juga patut menjadi pertimbangan agar tidak bertabrakan dengan konsep yang diterapkan pada desain interior rumah. Semakin bagus kualitas perabot yang digunakan akan semakin awet masa penggunaan dan dapat memberi kesan mewah pada rumah.

Terbatasnya Area Gerak

Hindari untuk meletakkan barang atau berbagai perabot di dalam rumah secara asal-asalan sehingga dapat membuat area gerak di dalam ruangan menjadi terbatas. Terlalu banyak pembagian ruangan di dalam rumah, juga dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi terbatasnya area gerak. Sobat Rooang bisa mempertimbangkan peletakan perabot rumah yang juga difungsikan sebagai penyekat ruangan.

kesalahan saat menata rumah
Sumber: http://www.mydomaine.com/

Dekorasi Yang Kurang Fleksibel

Penempatan hiasan atau dekorasi rumah yang kurang fleksibel, dapat merusak keindahan desain interior rumah. Misalnya meletakkan hiasan dinding terlalu tinggi atau terlalu rendah, sehingga juga akan menyulitkan orang yang ingin menikmati keindahan hiasan tersebut. Atau pemasangan tirai yang terlalu rendah. Sehingga untuk menghindarinya, dekorasi yang fleksibel dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan ruangan. Sobat Rooang juga bisa menambahkan hiasan berupa tanaman ke dalam rumah untuk membuat dekorasi tampak indah dan segar.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!