Ruang Tamu Mungil, Inilah Cara Mengakalinya

ruang tamu mungil
https://www.thespruce.com/

Ruang tamu memang merupakan sebuah ruangan yang penting di sebuah hunian. Tidak hanya berfungsi sebagai area formal antara para tamu dengan pemilik rumah, namun ruang tamu juga merupakan tempat dalam hunian yang berfungsi sebagai first impression area sehingga meskipun ruang tamu mungil tetap harus didesain dengan maksimal.

Adapun cara untuk mengakali area ruang tamu mungil pada hunian, ikutilah beberapa triknya berikut ini :

Mini furniture

Untuk mengakali ruang tamu berukuran yang mungil, sobat Rooang harus menggunakan juga ukuran atau model furniture yang juga mungil atau mini supaya ruang tamu terasa lebih lapang!

ruang tamu
Sumber : http://innardsinterior.com/

Mulai dari sofa hingga coffee table pun kini sudah banyak yang tersedia dalam ukuran mini atau mungil untuk mengakomodasi juga kebutuhan para sobat Rooang yang kebanyakan memiliki hunian dengan luas yang terbatas. Bahkan banyak produsen furniture yang juga meng-upgrade model atau bentuk desain furniturenya menjadi bisa berfungsi ganda seperti berikut!

ruang tamu
Sumber : https://www.apartmenttherapy.com/

Meja unik ini bisa sobat jadikan sebagai coffee table atau bisa juga sobat gunakan untuk side table di ruang tamu.

Satu model sofa

Jika di ruang tamu yang berukuran luas, menggunakan lebih dari satu jenis tipe kursi atau sofa lazim digunakan. Namun untuk area ruang tamu yang mungil seperti di rumah-rumah tipe 36 atau 45, penggunaan satu jenis model sofa akan jauh lebih dianjurkan! Selain lebih hemat tempat, sobat bisa lebih mengontrol konsep desain apa yang akan diaplikasikan karena hanya da satu jenis sofa yang terlihat di ruang tamu.

ruang tamu
Sumber : https://www.apartmenttherapy.com/
ruang tamu
Sumber : http://79ideas.org/

Gunakan Cat warna senada

Cara mengakali sebuah ruang tamu mungil yang berikutnya adalah dengan memberikan warna senada pada area dinding sampai lemari penyimpanan, yang bisa membuat ilusi pandangan mata dan membuat luasan ruang tamu lebih lapang.

ruang tamu
Sumber : https://www.apartmenttherapy.com/

Akan banyak orang yang menyangka kalau di area dinding ruang tamu yang mungil tersebut tidak ada lemari, sebab identiknya warna cat yang digunakan sehingga lemari pun tidak terlihat! Inspiratif kan sobat Rooang!

Maksimalkan area dinding

Sebab luas area ruang tamu yang sangat terbatas, sehingga tidak memungkinkan sobat Rooang untuk banyak meletakkan barang-barang atau furniture di area lantai. Sehingga bagian atas area dinding ruang tamu adalah area yang paling baik untuk dimaksimalkan dalam hal menyimpan barang atau diaplikasikan untuk dijadikan area dekoratif penghias ruangan.

ruang tamu
Sumber : https://www.apartmenttherapy.com/
ruang tamu
Sumber : https://www.apartmenttherapy.com/

Semoga inspirasi di atas untuk mengakali ruang tamu yang berukuran mungil bisa menjadi inspirasi, bagi para sobat Rooang yang ingin mengubah tata letak di ruang tamu. Dan semoga ruang tamu mungil pada hunian bisa tampil menarik, seperti ruang tamu yang berukuran luas!

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX