Tips Memilih Kanopi Rumah Yang Tepat

memilih kanopi rumah
Sumber: http://www.floriansolarproducts.com/

Fungsi utamanya sebagai atap pelindung, belakangan kanopi juga berfungsi sebagai penghias desain eksterior untuk mempercantik rumah. Pada rumah berkonsep minimalis, kanopi banyak digunakan sebagai pelindung atap carport serta teras rumah. Tersedia dalam berbagai macam bahan dan model, sebelum Sobat Rooang berniat memasang kanopi di rumah, ada beberapa tips memilih kanopi yang bisa disimak.

Berikut beberapa tips memilih kanopi tersebut:

  1. Perhatikan dengan baik ukuran lahan yang akan dipasangi kanopi. Sehingga tak terjadi kesalahan saat akan memasangnya, ada baiknya jika mengukur dengan detail luas teras atau halaman yang akan dipasangi. Saat mengukur tersebut, pertimbangkan juga dengan baik panjang, lebar serta tinggi yang diinginkan.
  2. Tentukan pemilihan bahan yang akan digunakan dengan bijak. Mengingat bahan yang digunakan untuk kanopi ada beberapa jenis yaitu, besi, kayu, baja ringan, logam, plastik atau bahan-bahan lainnya. Karena masing-masing bahan tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Misalnya dengan bahan baja ringan, logam atau besi lebih tahan rayap dibanding bahan kayu. Jika ingin yang harganya lebih terjangkau, kanopi dengan bahan stainless steel dapat dipertimbangkan sebagai pilihan.

    tips memilih kanopi
    Sumber: http://www.architectureartdesigns.com/
  3. Sesuaikan dengan konsep serta desain eksterior rumah. Penyesuaian ini untuk menghindari hasil yang tidak diinginkan karena gaya dan konsep yang digunakan untuk kanopi berseberangan dengan desain eksterior rumah. Misalnya pada konsep rumah bergaya minimalis, Sobat Rooang bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kanopi dengan bahan baja ringan. Sehingga dapat mempertegas konsep minimalis pada desain rumah.
  4. Pertimbangkan juga cara perawatan dan membersihkannya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kualitas penggunaan kanopi agar lebih tahan lama dan tampak selalu indah mengingat setiap bahan memiliki cara perawatan yang berbeda.
  5. Kenali kondisi lingkungan sekitar. Mengenali kondisi lingkungan dengan baik dapat membantu pemilihan bahan yang tepat untuk penggunaan kanopi, misalnya dengan memperhatikan kondisi lingkungan apakah termasuk daerah yang sering gempa atau tidak. Hal ini termasuk juga dengan mengenali keadaan cuaca dan kebutuhan.
tips memilih kanopi yang tepat
Sumber: Pinterest

Penerapan kanopi untuk atap carport, teras atau halaman rumah juga sering kali dianggap sebagai solusi untuk menghemat biaya

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX