cara membersihkan plafon rumah
Sumber: Pinterest

Membersihkan rumah secara rutin adalah salah satu cara untuk membuat rumah selalu terasa nyaman dihuni. Apalagi selain tak nyaman, rumah yang kotor dan tak terjaga kebersihannya juga akan memberi dampak buruk pada penghuni rumah. Sehingga membersihkan seluruh bagian rumah, termasuk pada bagian langit-langit atau plafon merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, perlu diterapkan cara jitu membersihkan plafon atau langit-langit pada rumah agar setiap bagian rumah terjaga kebersihannya.

Pasalnya sering kali bagian langit-langit atau plafon rumah, menjadi salah satu bagian yang terlewati saat aktivitas membersihkan rumah. Padahal plafon rumah termasuk elemen rumah yang mudah kotor atau terkena noda. Bukan hanya debu, namun juga sarang laba-laba atau kotoran hewan lainnya juga sering kali menempel pada langit-langit. Agar tampak selalu bersih, bagaimana cara jitu membersihkan plafon rumah?

Kenali Jenis Plafon Yang Digunakan

Sebelum mulai membersihkan plafon di rumah, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu jenis atau material yang digunakan pada plafon tersebut. Hal ini mengingat beberapa jenis material atau bahan plafon membutuhkan perawatan yang berbeda. Sehingga ada baiknya jika mengenal terlebih dahulu material plafon tersebut untuk menghindari kesalahan dalam membersihkan plafon, yang justru akan membuatnya mudah rusak.

cara jitu membersihkan plafon rumah
Sumber: https://archzine.fr/

Bersihkan Kotoran Yang Ringan Terlebih Dahulu

Mungkin dalam kotoran-kotoran yang menempel di plafon rumah, ada jenis kotoran yang ringan dan mudah dibersihan dan sebaliknya, ada kotoran atau noda yang mungkin akan susah dibersihkan. Sobat Rooang bisa mulai membersihkannya dari kotoran yang ringan dan mudah dibersihkan, seperti debu dan sarang laba-laba terlebih dahulu sebelum kemudian mulai membersihkan kotoran atau noda yang membandel. Sobat Rooang bisa menggunakan sapu bergagang panjang khusus plafon untuk membersihkannya.

Gunakan Alat Pembersih Tambahan

Beberapa kotoran pada plafon ada yang susah dibersihkan, seperti jamur atau kotoran hewan. Pada kotoran seperti ini yang tak cukup dibersihkan menggunakan sapu bergagang panjang biasa, Sobat Rooang bisa coba membersihkannya menggunakan kape scrap dan amplas. Pastikan untuk tidak terlalu kasar saat menggosoknya agar tidak meninggalkan goresan.

trik jitu membersihkan plafon rumah
Sumber: http://momousa-first.tumblr.com/

Lapisi Ulang Dengan Cat

Jika membersihkan kotoran atau noda tersebut menggunakan kape scrap atau amplas belum cukup menghilangkan noda, mungkin cara lainnya adalah dengan mengecat ulang plafon tersebut. Jika memang dibutuhkan cat ulang, pastikan untuk menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu ya.

Jangan lupa, membersihkan setiap sudut plafon rumah secara rutin juga termasuk dalam cara jitu membersihkan plafon yang tak boleh dilewatkan.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!