trik membeli tirai
Sumber: https://homedeco.nl/

Gorden atau tirai merupakan aksen pelengkap dekorasi rumah yang terkadang tak begitu dianggap penting keindahannya, sehingga tak akan ada masalah jika menerapkan gorden apa saja untuk rumah. Tak sepenuhnya benar, gorden juga memegang peranan penting dalam dekorasi interior rumah lho. Oleh karena itu, perlu diperhatikan juga berbagai pertimbangan membeli gorden agar tak asal beli gorden namun bikin menyesal nantinya.

Ukuran Yang Dibutuhkan

tips membeli gorden
Sumber: http://www.homeadore.com/

Ukur area yang akan dipasangi gorden. Entah itu area jendela rumah, pintu atau tengah ruangan sebagai penyekat. Jangan sampai salah ukuran ya. Oleh karena itu mengukur secara detail berapa lebar dan panjang gorden yang akan dibutuhkan nantinya. Jangan lupa hitung juga berapa banyak area yang akan dipasangi gorden.

Warna Dan Gaya Interior

tips sebelum membeli gorden
Sumber: http://www.stylestudio.co.uk/

Warna gorden, warna tema desain interior, warna furniture serta gaya yang akan diterapkan pada ruangan, semuanya saling berhubungan dan mendukung satu sama lain. Jadi pastikan dan pertimbangkan baik-baik warna ruangan dan warna gorden yang akan dibeli nantinya. Jangan sampai warna gorden dan warna tema dekorasi ruangan tak menyatu dan justru tampak kontras. Hal ini tentu akan merusak keindahan desain interior seluruh ruangan, bahkan rumah lho.

Kegunaan Gorden

pertimbangan membeli gorden
Sumber: http://www.mydomaine.com/

Setiap lokasi yang akan dipasangi gorden memiliki arti dan kegunaan sendiri-sendiri pada masing-masing gorden. Sehingga ada baiknya untuk memperhatikan kembali fungsi dan kegunaan dari masing-masing area. Pasalnya fungsi tersebut akan mempengaruhi jenis gorden yang harus dibeli. Misalnya jika gorden atau tirai tersebut hanya digunakan sebagai aksen dekorasi ruangan, maka bahan gorden bisa menggunakan kain yang sifatnya tipis dan ringan. Namun untuk gorden yang berfungsi sebagai penutup atau pelindung untuk menjaga privasi, maka bahan gorden haruslah yang lebih tebal sehingga tidak memantulkan bayangan dari luar.

Penempatan  Ruang

cara memilih tirai
Sumber: https://www.countrydoor.com/

Bukan hanya faktor fungsi, faktor area di mana gorden tersebut akan dipasang juga mempengaruhi pertimbangan membeli gorden. Karena sewajarnya gorden untuk ruang tamu berbeda dengan gorden yang akan diletakkan di kamar. Bisa jadi perbedaan tersebut karena konsep desain dan gaya interior yang diterapkan, tema warna atau ukuran yang dibutuhkan. Sehingga agar tidak terbalik atau salah membeli, sebaiknya perhatikan baik-baik beberapa faktor penting ini.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!