andra matin
Sumber : Archnesia

Andra Matin tentunya tidak lagi asing di telinga sobat Rooang yang bergelut di dunia arsitektur dan desain interior. Andra Matin merupakan salah seorang profesional arsitek yang terkemuka di Indonesia. Dari seorang profesional arsitek yang sudah berpengalaman ini, pelajaran apakah yang bisa sobat Rooang dapatkan? Berikut ringkasan wawancara salah satu kontributor Rooang yaitu : Archnesia bersama Andra Matin :

andra matin
Sumber : Archnesia

Seperti yang sudah sobat Rooang ketahui, Andra Matin adalah salah satu arsitek terkemuka di Indonesia. Karya-karya dari beliau sudah menerima banyak  penghargaan dan tersebar di berbagai wilayah di nusantara. Ciri desainnya khas, namun tetap membawa semangat kontemporer modern. Karya-karya beliau selalu menjadi tolak ukur bagi kemajuan arsitektur di Indonesia, sobat. Laki-laki bernama lengkap Isandra Matin Ahmad yang biasa dipanggil Aang oleh kerabat dan sahabatnya ini mendirikansebuah biro konsultan yang diberi nama: Andra Matin Architects di tahun 1988 dan telah mengerjakan berbagai macam proyek. Salah satu karya beliau yang cukup hits adalah Potato Head Beach Club yang berada di Seminyak, Bali.

andra matin
Sumber : http://www.cgarchitect.com/

Adakah arsitek senior Indonesia yang menginspirasi Mas Aang dalam berkarya?

Tentu saja ada. Salah satu arsitek senior Indonesia yang menginspirasi saya untuk berkarya adalah Pak Silaban. Dalam setiap karya Pak Silaban, selalu konsisten dan ritme proporsi desainnya selalu menarik. Perlakuan beliau terhadap sebuah bangunan pun, selalu menarik dan pas proporsinya.

Lalu, jika berbicara soal gaya desain khas ala Andra Matin apa yang selalu menjadi perhatian penting bagi Mas Aang setiap merancang?

Kalau saya, sebenarnya tidak memiliki ciri khas yang aneh sih. Hanya saja, saya tidak suka jika hasil rancangan atau desain itu terlihat sama dan monoton. Jadi saya suka merancang sebuah karya yang mungkin terlihat aneh di mata orang awam, namun tentunya semuanya sudah saya dan tim pikirkan dengan baik. Tidak mungkin juga membuat bangunan atau gedung yang kotak-kotak saja, pasti butuh inovasi dan kreasi agar karya kita punya value.

Sepenting apa, sebuah inovasi dalam berkarya di dunia Arsitektur?

Sangat penting. Tidak hanya dalam dunia Arsitektur saja, namun dalam semua bidang pekerjaan, sebuah inovasi dan juga konsistensi itu penting. Semua itu bisa diwujudkan dengan sikap tekun dan kerja keras. Sebab kalau belajar dan bekerja dengan setengah-setengah, kamu tidak akan pernah menjadi apa-apa. Belajar dan bekerja yang setengah hati hanya akan menghasilkan pekerjaan yang sia-sia. Jadi ya mesti total, tekun dan bersungguh-sungguh.

Adakah syarat khusus yang dicari oleh Mas Aang setiap mencari anggota tim baru?

Syarat khusus sih tidak ada, yang kita lihat adalah portofolionya dulu. Kalau soal nilai akademis selama kuliah sih tidak terlalu kita lihat, namun kalau memang nilai akademisnya bagus ya berarti bonus. Dan satu lagi, kalau mau bergabung di tim saya harus tahan banting dan sedikit periang sebab tekanan kerja di sini sangat besar, serta harus punya rasa toleransi yang tinggi karena tim saya terdiri dari berbagai macam latar belakang.

 

Sumber :

Materi dan foto oleh Tim Archnesia [Elang], disunting oleh ROOANG

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!