Kunci Penting Yang Harus Diperhatikan Dari Ruang Bermain Anak

ruang bermain anak
Sumber: http://www.super-heros-du-quotidien.fr/
Share this:

Meski rumah tak terlalu besar, namun tak ada salahnya juga jika Sobat Rooang mempertimbangkan untuk membuat ruang bermain khusus anak di rumah. Karena tak harus terlalu besar, kunci penting ruang bermain anak adalah adanya area untuk menfasilitasi kebutuhan anak bermain dan beraktifitas dengan aman.

Oleh karena itu untuk membuat ruang bermain anak, setidaknya ada beberapa kunci penting ruang bermain anak yang harus diperhatikan berikut ini.

Lokasi Ruangan

Tentukan lokasi di mana nantinya ruang bermain anak ini akan dibuat di dalam rumah. Apa nantinya akan ditempatkan dalam ruangan baru yang akan dibuat atau memanfaatkan ruangan lainnya yang sudah ada di dalam rumah sehingga tinggal sedikit didesain ulang saja. Hal ini termasuk juga dalam menentukan di sebelah mana ruang bermain anak tersebut nantinya. Akan lebih baik jika ruangan tersebut cukup mudah dijangkau. Sehingga akan lebih mudah untuk mengawasi si anak bermain, meski tidak secara langsung mengawasinya dari dalam ruang bermain tersebut.

kunci penting ruang bermain anak
Sumber: http://mojdom.zoznam.sk/

Desain

Meski hanya sebagai ruang bermain dan bukan sebuah ruangan inti dari rumah, namun bukan berarti desain interior ruangan tak harus diperhatikan dengan baik. Justru karena area tersebut akan banyak digunakan oleh anak saat berada di dalam rumah, maka desainnya pun perlu diperhatikan dengan baik demi membuat anak merasa senang dan nyaman bermain di sana. Usahakan untuk mengaplikasikan warna-warna yang ceria untuk menjaga mood  dan suasana hati anak agar selalu ceria dan bersemangat.

kunci penting ruang bermain anak
Sumber: http://rumahminimalist-id.blogspot.co.id/

Pemilihan Furniture

Usahakan untuk menerapkan salah satu kunci penting ruang bermain anak dengan selalu menggunakan furniture yang aman bagi ruang bermain anak. Hindari menggunakan furniture yang memiliki ujung lancip, sesuatu yang tajam, berbahan keras dan berat. Misalnya untuk kursi di dalam ruang bermain, Sobat Rooang bisa menggunakan kursi yang bersifat ringan sehingga akan lebih mudah untuk dipindah-pindahkan oleh anak saat bermain. Sobat Rooang pun bisa mengaplikasikan karpet atau material yang empuk pada lantai dan dinding bagian bawah. Hal ini untuk memberi rasa aman lebih jika si anak terjatuh.

kunci penting membuat ruang bermain anak
Sumber: https://www.homedit.com/

Wadah Untuk Menyimpan Mainan

Mengajari si anak untuk selalu merapikan mainannya usai bermain, dapat memberi pelajaran kedisiplinan. Sehingga akan lebih baik jika Sobat Rooang memberi wadah khusus di mana nantinya mainan-mainan tersebut akan disimpan usai bermain. Penggunaan wadah ini juga untuk menghindari ruangan tampak berantakan dengan mainan yang berserakan di mana-mana.

Share this:

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...

GET OUR BEST IN YOUR INBOX