Sisi Lain Seorang Andy Rahman Tentang Arsitektur

sisi lain
Sumber : Archnesia
Share this:

Sisi lain seseorang bisa didapatkan dari berbagai cara, dan cara yang paling umum adalah dengan melakukan kegiatan tanya jawab. Hal ini juga yang dilakukan oleh Tim Archnesia terhadap salah satu Arsitek keren asli Surabaya : Andy Rahman.

Apa saja yang dibicarakan, sehingga sisi lain seorang Andy Rahman bisa terungkap? Simak penuturannya berikut ini.

Andy Rahman adalah seorang alumni Arsitektur ITS, yang masuk pada tahun 2000 kemudian lulus di tahun 2004. Kemudian saya melanjutkan karir saya dengan bekerja di sebuah perusahaan. Di tengah-tengah perjalanan karir saya di perusahaan tersebut, saya bertemu dengan salah satu kawan yang merupakan kontraktor yang pada akhirnya mengajak saya untuk ber-partner mendirikan CV secara mandiri. Hingga pada akhirnya saya dan kawan saya ini sepakat untuk mendirikan CV Andyrahman Architects sampai sekarang.

sisi lain
Sumber : Archnesia
sisi lain
Sumber : Archnesia

Kemudian Andy Rahman menuturkan bahwa kini perkembangan Arsitektur di Indonesia sudah semakin membaik. Jika dahulu tidak banyak orang yang sadar akan pentingnya menggunakan jasa arsitek dalam membangun sebuah hunian, kini hal tersebut sudah berubah. Masyarakat sudah bisa dan menghargai serta mengapresiasi sebuah karya Arsitektur. Hal itu dibuktikan dengan bermunculan banyak arsitek-arsitek muda yang merata di seluruh daerah di Indonesia. Namun semakin banyaknya para arsitek muda yang bermunculan, timbul juga banyak pertanyaan di benak para arsitek-arsitek muda tentang bagaiaman mereka menyikapi soal “fee” alias pembayaran? Jawaban Andy Rahman sederhana, “Masalah “fee” sebaiknya tidak perlu terlalu dipikirkan, sebab untuk arsitek muda yang baru lulus tersebut masih dihitung sebagai proses belajar, belum matang dan butuh lebih banyak pembelajaran. Jadi sebagai arsitek muda jangan dulu fokus pada “fee” sebab itu semua tergantung proses kamu mau belajar, jika terus tekun maka akan ada hasil yang memuaskan, ujar Andy Rahman.

sisi lain
Sumber : Archnesia
sisi lain
Sumber : Archnesia

Mengingat masih panjang perjalanan seorang arsitek muda dalam menjalani kehidupan sebagai ‘Arsitek’ , maka hendaklah bersabar. Sebab, “Arsitektur itu sebuah proses, semakin jam terbang tinggi maka akan semakin baik. Profesi Arsitek tidak bisa diraih secara instan, karena ada fase-fase praktek yang harus dijalani untuk mengenal banyak klien, mengerjakan banyak proyek sehingga dari situlah nanti kalian akan belajar untuk menjadi seorang Arsitek yang berkualitas,” ujar Andy Rahman. Saya dulu juga belajar pelan-pelan hingga akhirnya dikenal dan dipercaya orang untuk menangani proyek-proyek dari klien, kata Andy.

Akhir kata, Andy Rahman mengungkapkan bahwa : “Saya mencintai Arsitektur dengan segenap hati, terlepas itu ketika berada di kondisi sulit sekalipun tidak pernah terlintas untuk berhenti ber-arsitektur“.

 

 

Sumber :

Materi dan foto oleh Tim Archnesia, disunting oleh ROOANG

 

 

 

Share this:

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...

GET OUR BEST IN YOUR INBOX