Memberi Aksen Pada Dekorasi Ruangan, Seberapa Penting?

aksen dekorasi
Sumber: https://www.thedecorista.com/
Share this:

Sering kali untuk membuat interior hunian tampak cantik, kita menerapkan berbagai aksen pada dekorasi ruangan. Mulai dari aksen dinding, cahaya, warna atau berbagai aksen dekorasi lainnya. Namun, apa sebenarnya fungsi dari penerapan aksen pada dekorasi ruangan? Seberapa penting untuk menerapkan aksen dekorasi pada rumah?

Aksen Pada Dekorasi Ruangan Mengurangi Kesan Monoton

Pengaplikasian warna yang sama pada sekeliling dinding rumah tanpa hiasan atau perpaduan warna apapun, bisa membuat interior hunian terkesan monoton dan biasa saja. Berbeda saat aksen dekorasi ditambahkan pada interior rumah. Aksen dekorasi tersebut bukan hanya bisa mempercantik hunian, namun juga mengurangi kesan monoton.

aksen pada dekorasi ruangan
Sumber: http://www.lonny.com/

Artistik

Lukisan, kerajinan tangan, karya mural, serta berbagai karya seni lainnya dapat dijadikan aksen untuk dekorasi ruangan agar tampak lebih artistik. Tak ada salahnya lho aksen-aksen dekorasi dari kerajinan tangan itu dipajang layaknya membuat sebuah galeri pribadi di dalam rumah.

fungsi aksen pada desain ruangan
Sumber: https://www.etsy.com/

Focal Point

Salah satu faktor yang membuat interior rumah tampak lebih menarik dan cantik adalah karena adanya focal point dalam sebuah ruangan. Sehingga focal point itu bisa membuat semua mata tertuju dan menangkap seluruh perhatian dari dekorasi dan tema desain interior rumah. Dengan aksen yang tepat, aksen tersebut bisa menjadi focal point yang menawan dari suatu ruangan.

aksen pada desain ruangan
Sumber: Pinterest

Menutupi Kekurangan

Cat dinding yang sudah lama diaplikasikan dalam ruangan bisa jadi mulai mengelupas atau rusak. Tak harus mengecat ulang dinding tersebut, Sobat Rooang bisa menggunakan aksen dekorasi dinding seperti wallpaper, pigura foto atau lukisan untuk menutupi kekurangan tersebut.

manfaat aksen pada desain interior
Sumber: http://paintandpattern.com/

Lebih “Bernyawa”

Tanpa sesuatu yang istimewa, interior hunian akan tampak biasa-biasa saja dan cenderung membosankan. Sehingga dekorasi interior yang terkesan hampa tersebut bisa juga mempengaruhi mood dan suasana hati penghuninya. Maka tak ada salahnya menerapkan aksen khusus pada interior rumah agar suasana ruangan dalam hunian menjadi lebih hidup dan segar.

fungsi aksen pada desain interior
Sumber: http://otisandfrank.blogspot.co.id/

Tak harus yang mahal dan rumit, pengaplikasian aksen pada dekorasi rumah bisa menggunakan permainan warna yang tepat, motif atau pola pada dinding atau unsur kain dalam ruangan, wallpaper dinding, lampu hias, furnitur atau bisa juga menggunakan tanaman atau bunga yang dapat hidup di dalam ruangan (indoor). 

Share this:

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...

GET OUR BEST IN YOUR INBOX