CONTRIBUTORArsitag
SOURCEJoyce Meilanita
sederhana
NORHOUSE di Bandung karya Aaksen Responsible Architecture tahun 2018 (Sumber: arsitag.com)

sederhana/se·der·ha·na/ a bersahaja; tidak berlebih-lebihan; tidak banyak seluk-beluknya (kesulitan dan sebagainya); tidak banyak pernik; lugas[1]

Rumah sederhana dapat diartikan sebagai rumah yang fungsional, tercipta dari tuntutan untuk memenuhi kebutuhan dengan sebaik-baiknya, tidak ada elemen yang tidak perlu, semua ada karena berfungsi. Rumah sederhana bukan berarti rumah asal jadi atau murahan, melainkan rumah yang hemat biaya. Seorang arsitek yang baik akan memikirkan berbagai desain kreatif untuk memenuhi kebutuhan dengan baik, walau dengan keterbatasan biaya sekali pun.

Ada beberapa desain kreatif rumah sederhana yang hemat biaya, yang sudah berhasil direalisasikan. Ada juga beberapa yang masih berupa konsep, namun mampu menunjukkan kecerdikan dalam mendesain rumah sederhana yang hemat biaya. Mari, intip 10 desain kreatif rumah sederhana yang hemat biaya dalam artikel berikut!

R House at Taman Laguna di Cibubur

desain kreatif rumah
R House at Taman Laguna di Cibubur karya Sontang M Siregar tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Sontang M. Siregar sudah dikenal piawai dalam merancang bangunan minimalis dengan desain multifungsi yang kreatif dan hemat biaya. Kecintaannya akan dunia arsitektur sejalan dengan sisi humanisme yang sangat kuat, melahirkan desain kreatif rumah sederhana yang hemat biaya dan tetap berwawasan lingkungan. Namun, desain rumah karyanya selalu memiliki keunikan tersendiri. Berbagai desain furnitur multifungsi dirancang kreatif untuk memenuhi semua kebutuhan penghuni rumah di tengah keterbatasan lahan. Dari segi eksterior, segi pencahayaan dan penghawaan alami juga mendapat prioritas untuk memberikan kenyamanan sekaligus penghematan biaya listrik.

SR Residence karya GUBAH RUANG Studio di Palembang

desain kreatif rumah
SR Residence di Palembang, karya GUBAH RUANG Studio (Sumber: arsitag.com)

Walau masih berupa direalisasikan, desain rumah sederhana ini tampak nyaman dan elegan. Banyaknya bukaan di bagian muka rumah ditujukan sebagai pencahayaan dan sirkulasi udara alami. Jendela juga memberi kesan lega dan keren. Garis-garis horizontal menambah kesan lebih lebar pada rumah mungil ini. Pemanfaatan dua warna netral, putih dan coklat muda, berpadu alami dalam menciptakan kesan minimalis yang elegan, ditambah lagi aksen warna hitam dari bingkai jendela.

C1 HOUSE karya GUBAH RUANG Studio di Bandung

desain kreatif rumah
C1 HOUSE di Bandung, karya GUBAH RUANG Studio (Sumber: arsitag.com)

Lagi-lagi, GUBAH RUANG Studio menawarkan desain kreatif dengan permainan bentuk-bentuk geometris yang menggunakan tampilan bata ekspos yang menawan dan tak lekang oleh waktu. Warna-warna alami dari karakter tiap bahan menjadi tampilan elegan yang natural dan menyatu dengan lingkungannya.

Tepi Laut – Home Stay karya GUBAH RUANG Studio di Manokwari, Papua Barat

desain kreatif rumah
Tepi Laut – Home Stay karya GUBAH RUANG Studio di Manokwari, Papua Barat (Sumber: arsitag.com)

Mendengar nama Papua, mungkin masih ada sebagian masyarakat yang memandang sebelah mata. Padahal, keindahan Papua sudah terkenal di mancanegara, apalagi keindahan lautnya. Keindahan laut inilah yang ingin dioptimalkan oleh GUBAH RUANG Studio sebagai view bagi desain Home Stay di tepi laut. Desain unik dan khas tropis ini mampu beradaptasi dengan lingkungan tepi laut, memberikan kenyamanan bagi penghuninya, sekaligus pemandangan yang luar biasa indah.

CR-HOUSE Karanganyar karya PT STAPAKA REKA BANGUN NUSANTARA  

desain kreatif rumah
CR-HOUSE Karanganyar karya PT STAPAKA REKA BANGUN NUSANTARA tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Rumah tinggal zaman now dengan konsep semi ndeso adem ayem menjadi desain kreatif rumah sederhana ini. Eksterior minimalis modern ditampilkan dengan garis-garis vertikal dan blok persegi yang menjadikan jendela sebagai focal point fasadnya.

Taman Palem karya La.casa di Kalideres, Jakarta Barat

desain kreatif rumah
Taman Palem di Kalideres, Jakarta Barat karya La.casa tahun 2018 (Sumber: arsitag.com)

Salah satu trik untuk menghemat biaya desain sambil tetap mempertahankan kualitas adalah menemukan furniture yang bisa dipadukan dengan elegan. Meja makan yang biasanya dilengkapi dengan 4 kursi makan, bisa dipadukan dengan kursi makan model lain, sambil tetap mempertahankan gaya interior Scandinavian seperti ruang makan ini. Atau bisa juga membeli furnitur yang sedang diskon secara terpisah untuk menghemat biaya. Tetapi tetaplah ingat untuk memilih dengan bijak, jangan kalap belanja, dan tetap fokus pada ide dasar yang ingin ditampilkan.

Cerdik memanfaatkan karakteristik bahan di Rumah Kecil at Ozone Residence

desain kreatif rumah
Rumah Kecil at Ozone Residence di Bintaro karya AKANOMA YU SING (Sumber: arsitag.com)

Eksotisme tropis dari kealamian batu bata sengaja diekspos untuk memberikan kesan natural, sekaligus memberi warna bagi ruang sambil menghemat biaya pengecatan. Bahan kayu palet pinus digunakan sebagai material anak tangga dengan harga terjangkau, namun kelihatan menarik. Ini menjadi bukti kecerdikan kreativitas untuk memberikan desain terbaik dengan kesan dan fungsi yang optimal, sambil tetap menghemat biaya.

desain kreatif rumah
Rumah Kecil at Ozone Residence di Bintaro karya AKANOMA YU SING (Sumber: arsitag.com)

Tembok eksterior sengaja dibiarkan dengan acian kasar untuk mendapatkan kesan minimalis industrial, hemat karena tidak perlu proses pengecatan, dan mudah perawatannya.

Desain kreatif dari botol bekas di Rumah Kecil at Ozone Residence

desain kreatif rumah
Rumah Kecil at Ozone Residence di Bintaro karya AKANOMA YU SING tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Botol kaca bekas menjadi dinding ruang cuci jemur. Pemanfaatannya menunjukkan tidak terbatasnya ide-ide kreatif yang unik dan keren, dengan fungsi optimal dan biaya minimal.

Bentuk unik yang timbul dari ide penghematan biaya di C-House

desain kreatif rumah
C-House di Mulyorejo, Surabaya karya ARA Studio tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Eksterior unik dengan fasade berupa atap curam timbul karena penghematan biaya untuk pembangunan dinding di lantai dua. Bagian atap juga menjadi ruang fungsional yang nyaman dengan fungsi optimal. Rumah yang tampak luarnya terlihat solid ini, mempunyai ‘mesin’ pencahayaan alami yang saling memantul dari void dan skylight di ujung atap pelana.

Desain kreatif hemat biaya dengan akses pencahayaan alami unik di NORHOUSE

desain kreatif rumah
NORHOUSE di Bandung karya Aaksen Responsible Architecture tahun 2018 (Sumber: arsitag.com)

NOR House atau ‘rumah cahaya’ menjadi aksen di antara pemukiman padat penduduk dengan akses jalan berupa gang. Sempitnya lahan dan keterbatasan biaya, memunculkan konsep arsitektur tropis kontemporer dan konsep interior Space Saving Furniture. Banyaknya bukaan membuat rumah ini menjadi rumah dengan penghawaan dan pencahayaan yang baik. Kesan bersih dan sederhana didapat dari penggunaan keramik putih dan kayu parket pada lantai, yang berkolaborasi dengan dinding serba putih.

desain kreatif rumah
NORHOUSE di Bandung karya Aaksen Responsible Architecture tahun 2018 (Sumber: arsitag.com)

Itulah 10 desain kreatif yang baru saja sobat Rooang lihat, membuktikan tidak terbatasnya ide walau dengan keterbatasan biaya ataupun sempitnya lahan. Berbagai ide unik yang cerdik dalam memanfaatkan material yang murah dengan cara yang tepat, dapat memberikan kenyamanan fungsi yang optimal dengan tampilan elegan dan menawan. Marilah terus berkarya, dan ingatlah keterbatasan biaya bukanlah hambatan!

[1] https://www.kbbi.web.id/sederhana dibaca Kamis, 1 Maret 2018 pukul 12:34

 

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!