CONTRIBUTORArsitag
SOURCEJoyce Meilanita
inspirasi tren cat rumah minimalis
Haliman #01 di Jakarta, karya HelloEmbryo tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Tren rumah minimalis dipengaruhi konsep dasar gaya arsitektur minimalis yang mengedepankan fungsi dan kenyamanan dengan cara sesederhana mungkin. Aplikasi cat pada rumah minimalis dengan warna-warna harmonis dan kontras menitikberatkan pada karakter dan keunikan kesan yang ditimbulkan. Cat rumah minimalis seringkali memanfaatkan warna-warna asli dari bahan yang dipergunakan, untuk memunculkan kesan alami yang memberikan kenyamanan dari interaksi dengan alam dan kejujuran karakteristik bahan.

Pengoptimalan fungsi dari setiap elemen yang ikut terlibat dalam desain, serta keindahan warna dari bahan-bahan yang dipakai, menjadikan tren minimalis tidak membosankan dan mampu bertahan lama. Lalu, seperti apa inspirasi tren cat rumah minimalis 2018? Dan bagaimana cara memadukan cat rumah minimalis yang serasi dan harmonis? Mari simak artikel berikut ini!

Perpaduan warna netral dan warna kontras

HelloEmbryo memanfaatkan warna netral putih pada dinding bata ekspos dan fixture di kamar mandi. Warna putih ini memberi tampilan bersih dan memantulkan cahaya matahari agar kamar mandi lebih terang dan sekaligus membunuh kuman. Warna netral putih juga menjadi ‘pencerah’ setelah berada di ruang dengan warna turquoise yang cenderung biru gelap. Perpaduan kepolosan kedua warna netral dan warna kontras ini saling menguatkan karakter setiap warna sambil saling mengikat satu sama lainnya. Tidak perlu terlalu banyak pernak-pernak di dinding, kepolosan warna ini tampil semakin elegan, cukup dengan pencahayaan down lighting.

Perpaduan warna-warna alami

cat rumah minimalis
B+M House di Jakarta karya DP+HS Architects tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Alam telah menyediakan begitu banyak warna alami yang indah dan berkarakter. Perpaduan warna-warna dari unsur batu dan kayu, walau dengan cara sederhana sekalipun, mampu tampil apik dan elegan. Keindahan dari kesederhanaan, inilah konsep tren cat rumah minimalis yang digagas DP+HS Architects untuk interior dan eksterior B+M House. Warna abu-abu batu alam pada tembok pagar berpadu apik dengan warna coklat alami pintu pagar kayu, dan tampil semakin padu dengan warna hitam batu gamping alam di bagian balkon.

cat rumah minimalis
AA Residence di Cimanggis karya Bitte Design Studio tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Konsep dasar minimalis, kesederhanaan yang fungsional, ditampilkan oleh Bitte Design Studio pada AA Residence mulai bagian eksteriornya. Kejujuran yang indah dari karakter batu alam, acian semen, dan kayu, menjadi tampilan yang sederhana namun kaya makna, dan tampak semakin elegan serta menyatu dengan alam pepohonan yang menyejukkan.

Si Hitam Putih yang Menawan

cat rumah minimalis
PRV A131 di Bandung karya erwin kusuma tahun 2012 (Sumber: arsitag.com)

Erwin Kusuma menggunakan cat hitam glossy pada rak dapur minimalis. Warna hitam ini menunjukkan kekokohan, tampil elegan dan harmonis dengan meja kayu jati jawa. Lapisan glossy memantulkan bayangan keadaan sekitarnya dan menepis anggapan bahwa hitam itu kotor. Ternyata cat hitam cocok untuk desain rumah minimalis.

Abu-abu beton yang keren

cat rumah minimalis
Bare Minimalist di Jakarta karya RAW Architecture tahun 2013 (Sumber: arsitag.com)

Warna abu-abu beton dari acian semen memberikan paduan gaya industrial dan minimalis yang keren. Sambungan antar blok-blok beton sengaja diekspos untuk mempertegas unsur garis horizontal dan vertikal yang menjadi ciri khas gaya minimalis, sekaligus memberi kesan ruang yang lebih lega.

cat rumah minimalis
AA Residence di Cimanggis karya Bitte Design Studio tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Warna abu-abu beton juga bersanding keren dengan perabotan bergaya rustic dan dinding bata ekspos sebagai latar belakang perabotan yang ingin dijadikan focal point.

Cat serba putih untuk tampilan bersih nan mewah yang tak lekang oleh waktu

cat rumah minimalis
Bea House di Gading Serpong, Tangerang karya Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio TonTon tahun 2008 (Sumber: arsitag.com)

Meski dibangun sejak 2008, cat serba putih pada ruang open-plan Bea House menjadi bukti keindahan warna putih yang elegan pada gaya minimalis mampu bertahan lama. Warna putih mudah dipadupadankan dengan berbagai warna, termasuk warna asli yang muncul dari karakteristik bahan alami.

cat rumah minimalis
Paulus Hyu di Jakarta karya Revano Satria tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Seiring perjalanan waktu, warna putih tetap mampu bersanding dengan perubahan model furnitur, fabric, dan desain mural serta graffiti yang sedang tren.

cat rumah minimalis
Simprug Residence di Jakarta, karya HelloEmbryo tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Cat putih menjadi latar bersih yang cantik untuk menonjolkan karakter serat kayu yang elegan. Warna putih glossy pada rak dapur membuat warna hijau dedaunan tampak semakin segar.

cat rumah minimalis
Apartment Kebagusan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan karya La.casa tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Untuk memecah kemonotonan pada warna serba putih, pemilihan warna-warna kontras dapat menjadi ‘pencair’ suasana. Warna kuning terang pada kulkas memberikan tampilan yang segar, unik, dan keren, sekaligus sebagai focal point.

cat rumah minimalis
11A Residence di Jakarta Utara karya Sontani Partners tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Tren cat rumah minimalis 2018 masih didominasi perpaduan warna-warna harmonis dengan warna-warna kontras pada elemen yang akan dijadikan point of interest. Temukanlah inspirasi warna cat dan perpaduannya yang sesuai dengan kepribadian dan suasana yang ingin diciptakan. Padukan tidak lebih dari 3 warna atau bahkan pilih satu warna saja dan padukan dengan warna-warna pada furniture. Apapun warna cat yang ingin diterapkan, pilihlah warna yang membuat perasaan sobat paling nyaman. Semoga artikel ini dapat memunculkan inspirasi tren cat rumah minimalis 2018. Dan… selamat berkarya!

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!