1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...

Kalau sobat selalu mengira bahwa karya-karya arsitek luar negeri itu pasti bagus, pasti keren dan pasti mengagumkan, kayaknya sobat harus simak informasi berikut ini deh. Soalnya ternyata karya arsitek Indonesia ini, nyatanya ga kalah kok dari karya-karya mengagumkan arsitek luar negeri. Ga percaya?

Karya Arsitek Indonesia di Universitas Indonesia

Karya arsitek Indonesia yang cukup ikonik berada di kawasan Universitas Indonesia (UI) sobat.

karya arsitek Indonesia
Sumber : Harrania
karya arsitek Indonesia
Sumber : Seputar Perpus

Bangunan tersebut adalah bangunan perpustakaan pusat, untuk semua jurusan yang ada di kampus UI. Karya dari Budiman Hendropurnomo ini memiliki konsep dan kesan yang mendekati alam, sehingga mampu difungsikan sebagai ruang santai publik yang bisa digunakan juga oleh masyarakat sekitar. Bahkan saking megahnya bangunan ini, perpustakaan UI pun dianggap sebagai perpustakaan terbesar di Asia Tenggara sebab bisa menampung kurang lebih 1,5 juta buku.

Karya Arsitek Indonesia asli Bandung ini super kece lho

Yang pertama ingin Rooang kasih tahu kepada sobat Rooang semua adalah sebuah mahakarya arsitektur dari arsitek Indonesia asli Bandung yaitu Yu Sing.

karya arsitek Indonesia
Sumber : profesi-unm.com
karya arsitek Indonesia
Sumber : Hartoto Web Blog – WordPress.com

Karya arsitek Indonesia yang super kece ini berada di Universitas Negeri Makassar (UNM), sobat. Yu Sing membuat desain bangunan di UNM ini berkat memenangkan sebuah sayembara yang diadakan oleh tim dari UNM di tahun 2009 yang lalu. Pada waktu itu Yu Sing mengikuti sayembara bersama dengan tim desainnya yang bernama Genesis (sekarang sudah berganti nama yaitu, Akanoma). Dengan bentuk ala perahu yang menonjol di skyline kota, menara pinisi UNM ini pun menjelma menjadi salah satu menara ikonik di kawasan Makassar, sobat.

Karya menyejukkan di kota Serambi Mekkah

Kalau yang ini karya arsitek Indonesia yang sekarang menjelma menjadi seorang walikota Bandung, sobat. Yap, siapa lagi kalau bukan Bapak Ridwan Kamil. Jauh sebelum sekarang terjun di dunia politik dan menjabat sebagai walikota Bandung, karir Bapak Ridwan Kamil diawali sebagai seorang arsitek handal yang bertangan dingin. Sebab, semua karya-karya beliau mampu menyatu dan selaras dengan kontekstual lingkungan sekitar.

karya arsitek Indonesia
Sumber : Sportourism
karya arsitek Indonesia
Sumber : Phinemo

Sama halnya dengan Yu Sing tadi, Ridwan Kamil mendesain Museum Tsunami Aceh ini pun melalui proses sayembara di tahun 2007. Setelah melalui berbagai macam proses, akhirnya Museum Tsunami Aceh ini resmi dibuka pada 8 Mei 2009.

Karya toleransi Fredrich Silaban

Kalau karya dari Fredrich Silaban ini memang sangat bermanfaat bagi umat Muslim di Kota Jakarta, pasalnya beliau adalah perancang dari Masjid Istiqlal yang ikonik itu lho.

karya arsitek Indonesia
Sumber : nasional.kompas.com
karya arsitek Indonesia
Sumber : Trivia.id

Kenapa ini disebut sebagai sebuah karya toleransi ? Ya, karena Bapak Fredrich Silaban ini sebenarnya adalah rseorang Nasrani yang kagum dan hormat akan keindahan Islam, sehingga beliau pun memutuskan untuk merancang sebuah bangunan yang bisa bermanfaat untuk umat Muslim. Jadi kagum ya sama Bapak Fredrich Silaban ini sobat? Beliau aja bisa memahami perbedaan, kenapa kita enggak bisa? Soalnya rasa toleransi itu pentih banget loh, seriously, dengan toleransi kita jadi tahu bahwa memang perbedaan itu adalah sebuah keindahan tersendiri.