Sustainable Living Ternyata Penting dalam Ber-Arsitektur

sustainable living
Sumber : Dokumentasi ROOANG
Share this:

Sustainable living sangat penting dalam sebuah arsitektur, kenapa? Pertama-tama sustainable living merupakan penyataan yang mendukung sebuah konsep kehidupan manusia yang berkelanjutan dan selaras dengan lingkungan sekitar. Sebab, dalam ber-Arsitektur konsep yang baik adalah sebuah konsep yang dekat akan keberlanjutan hidup manusia dan keturunannya, sobat. Oleh karena itu, Rooang dan PT. Debindo-ITE berkolaborasi menggelar sebuah talkshow informatif yang bermanfaat bagi masyarakat luas, dengan judul “Sustainable Architecture Toward Healthy Living” pada tanggal 5 Mei 2018 lalu, bertempat di Hall Garuda 15-ICE BSD City. Seperti apa keseruannya? — Yuk, simak ulasannya berikut ini, sobat Rooang!

Sustainable living dalam arsitektur

Dalam pengertian yang sederhana kalimat ‘sustainable living architecture‘ ini adalah sebuah gerakan hidup keberlanjutan yang berupaya memberikan solusi bagi kebutuhan pemukiman dan lingkungan sosial ekonomi, beserta seluruh aspek kehidupannya. Kebutuhan tersebut berguna bagi kebutuhan pemukiman dan lingkungan sosial ekonomi, beserta seluruh aspek kehidupannya. Kebutuhan tersebut terus meningkat seiring laju urbanisasi dan tumbuhnya kawasan hunian dan niaga baru.

sustainable living
Sumber : www.indobuildtech.com | www.debindo-ite.com
sustainable living
Sumber : www.indobuildtech.com | www.debindo-ite.com

Upacara pembukaan Indobuildtech Jakarta 2018 ini sudah dilakukan di tanggal 2 Mei 2018 lalu di ICE BSD City, sobat Rooang. Dihadiri oleh pihak PT. Debindo-ITE, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan didukung oleh 30 asosiasi industri dan profesi serta layanan bisnis perbankan modern CIMB Niaga, Indobuildtech merupakan sebuah platform bisnis dan marketplace bagi para pebisnis dan pelanggan aneka ragam produk bahan bangunan dan interior yang pada gilirannya akan menumbuhkan dampak positif bagi pertumbuhan sektor konstruksi nasional.

sustainable living
Sumber : www.indobuildtech.com | www.debindo-ite.com

Implementasi gerakan pembangunan kota berkelanjutan melibatkan banyak pemangku kepentingan dan banyak program pendukungnya antara lain pembangunan Green City oleh kalangan pengembang properti, pembuatan Green Products oleh para produsen material dan teknologi bangunan, serta program pembangunan Smart City di banyak kota dan kabupaten di Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika bersma Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR dan Bappenas telah mendeklarasikan program Menuju 100 Smart Cities sebagai bagian penting dari pembangunan kota berkelanjutan.

Sustainable living bisa diarahkan ke arah urban farming

Dalam sesi talkshow yang digelar oleh Rooang dan PT. Debindo-ITE ini, pembicara utama kami yaitu Sigit  Kusumawijaya mengungkapkan bahwa sebuah arsitektur berkelanjutan itu bisa dimulai dengan membuat sebuah desain bangunan yang dipenuhi dengan tanaman hijau. Mengapa harus seperti itu? Sigit mengungkapkan bahwa konsep green yang dimaksud tidak hanya untuk estetika saja, namun tanaman hijau tersebut bisa dikonsumsi sebagai tanaman pangan. Yang saya amati di dunia arsitektur khususnya di negara Indonesia, arsitek-arsitek yang mencoba menerapkan konsep green architecture masih belum banyak. Apalagi dengan menerapkan konsep urban farming, yaitu menanam tanaman yang tidak hanya hijau secara estetika saja, namun juga sebagai tanaman pangan yang dikonsumsi seperti sayuran, obat-obatan, buah-buahan, tentunya hal ini bisa menambah nilai.

sustainable living
Sumber : Dokumentasi ROOANG

Salah satu perwakilan PT. Debindo-ITE mengungkapkan bahwa tema “Sustainable Urban Development” yang diangkat oleh Indobuildtech Jakarta 2018 ini merupakan sebuah bentuk dukungan untuk mendorong percepatan pembangunan perkotaan berkelanjutan. “Indobuildtech 2018 datang di saat yang tepat dengan momentum percepatan pelaksaan proyek pembangunan infrastruktur dan properti. Indobuildtech mempertemukan para pelaku pasar   seperti kontraktor, profesional, konsultan, perencana dan pelaksana proyek dapat secara langsung berinteraksi dengan pabrikan penyedia aneka ragam produk material dan teknologi bangunan untuk membangun kemitraan dan kerjasama sehingga berkontribusi pada  pembangunan kota berkelanjutan”, demikian dijelaskan oleh Effi Setiabudi selaku Direktur Utama Debindo-ITE – penyelenggara Indobuildtech.

sustainable living
Sumber : Dokumentasi ROOANG

Mengapa pembangunan berkelanjutan itu penting?

Masuk ke dalam pembahasan mengapa sebuah konsep sustainable penting bagi sebuah kehidupan manusia? Jawabannya adalah karena setiap detik populasi manusia bertambah dengan cepat, maka secepat itu juga populasi manusia ini membutuhkan tempat tinggal. Kelebihan pertumbuhan manusia inilah yang menyebabkan arus urbanisasi menjadi semakin tinggi setiap tahunnya, sobat. Hal inilah yang membuat pentingnya para arsitek membuat dan merancang sebuah konsep tempat tinggal yang sustainable alias berkelanjutan, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

sustainable living
Sumber : Dokumentasi ROOANG
sustainable living
Sumber : Dokumentasi ROOANG

Karena dengan sebuah sustainable, pemerataan pembangunan bisa diatasai dan angka kemiskinan yang tinggi bisa ditekan menjadi angka yang lebih rendah, hal yang sudah terdapat dalam sebuah kesepakatan di Markas PBB di New York, tanggal 25-27 September 2015 lalu. Sebagai bentuk implementasi dari tema “Sustainable Urban Development”, terdapat diorama yang merupakan inovasi dari pameran Indobuildtech Expo 2018. Diorama menyajikan media visual komprehensif dan informasi grafis yang mewakili beberapa aspek dari pentingnya sebuah pembangunan berkelanjutan serta data terkini tentang kondisi perkotaan saat ini. Selain itu, terdapat pula testimoni dari para ahli, praktisi, profesional dan akademisi mengenai konsep tema tersebut.

Peran ROOANG dalam dunia arsitektur

Melihat peluang yang sangat besar di dalam dunia arsitektur, ROOANG hadir sebagai sebuah platform digital yang berupaya membuat para arsitek, tokoh dan praktisi desain bisa menyampaikan ide dan gagasannya kepada para pembaca media ROOANG yang memiliki ketertarikan dalam dunia arsitektur.

sustainable living
Sumber : Dokumentasi ROOANG
sustainable living
Sumber : Dokumentasi ROOANG
sustainable living
Sumber : Dokumentasi ROOANG

Menurut, Martin Hendriadi Fu — CEO ROOANG.com, kehadiran platform ROOANG bisa dimanfaatkan para arsitek serta desainer untuk berbagi ilmu dan pengetahuan serta jasa kepada para pengguna untuk dapat menikmati seperti apa bentuk konsep ide desain bangunan berkelanjutan alias sustainable architecture.

Share this:

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...

GET OUR BEST IN YOUR INBOX