Oil Diffuser Itu Apa Sih Sebenarnya Cari Tahu Yuk

oil diffuser
Sumber : Pinterest
Share this:

Untuk menyiasati ruangan yang pengap dan bau apek, pengharum ruangan adalah solusi paling jitu. Ada beragam banyak jenis dari pengharum ruangan sobat, salah satunya bernama oil diffuser. Oil diffuser memang mulai banyak digemari oleh para muda-mudi millennial sebab alat ini jauh lebih praktis dan unggul dari alat pengharum ruangan biasa. Tapi sesungguhnya apa sih ‘Oil diffuser’ ini? Seperti apa bentuknya dan ada berapa jenis modelnya? Segampang itu kah sobat bisa menggunakannya ? ~ Semua jawabnnya ada di dalam artikel ini ya :)

Oil Diffuser, Sesungguhnya adalah …

Oil diffuser itu sesungguhnya adalah alat yang digunakan untuk menyebarkan essential oil ke seluruh isi ruangan.

oil diffuser
Sumber : Sleep Solutions

Kenapa essential oil atau minyak aromaterapi ini harus disebarkan dan penting di dalam ruangan? Karena menurut sebuah penelitian tentang essential oil, bahwa menyebarkan aroma melalui oil diffuser akan mengaktifkan reseptor bau di hidung, untuk kemudian mengirim pesan ke otak yang bisa mempengaruhi emosi serta sistem saraf manusia. Hal inilah yang membuat oil diffuser dan essential oil jadi populer sebagai ‘alat penenang’ yang digunakan pada hunian-hunian. Apalagi untuk ruangan-ruangan bersifat pribadi seperti kamar tidur dan kamar mandi, rasanya buth banget deh si oil diffuser ini. Selain bisa membuat pikiran rileks, wewangian yang harum bisa mengusir bau apek yang ada, loh~

oil diffuser
Sumber: Aickar.com

Oil diffuser ada berbagai tipe

Ternyata oil diffuser itu ada berbagai tipe loh~ Jadi tidak hanya satu atau dua tipe saja ternyata, tapi oil diffuser ini punya 6 tipe yang berbeda sobat Rooang.

Tipe pertama : Ceramic diffuser

Ceramic diffuser bekerja dengan menguapkan essential oil, baru kemudian menyebarkannya ke udara. Setetes atau dua tetes essential oil ditempatkan pada ceramic diffuser berikut.

oil diffuser
Sumber : Walmart

Diffuser tipe kayak ini bagus untuk penggunaan di area kecil, sobat. Tapi mungkin tidak ideal untuk area besar atau outdoor. Soalnya jarak sebar essential oil ceramic diffuser ini emang terbatas dan lebih untuk ruangan yang kecil gitu, sih~

Tipe kedua : Reed Diffuser

Tipe berikutya disebut Reed Diffuser.

oil diffuser
Sumber : DealDey

Reed diffusers sering menggunakan stik rotan, yang memiliki saluran kecil sehingga memungkinkan minyak atsiri essential oil yang digunakan untuk perlahan menaiki stik untuk kemudian menyebarkan aroma pada ruangan.

Tipe ketiga : Candle Diffuser

Kalau tipe diffuser yang ini memanaskan essential oil menggunakan lilin untuk menyebarkan aroma ke seluruh ruangan.

oil diffuser
Sumber : Fitking.com
oil diffuser
Sumber : Pepperfry

Tipe keempat :  Electric Diffuser

Seperti ceramic dan reed diffuser, electric fan diffuser menyebarkan essential oil ke udara tanpa panas. Pada diffuser jenis ini, essential oil biasanya ditambahkan ke pad (bantalan) atau air. Lalu ada sebuah kipas listrik yang membantu meniupkan udara pada pad atau air, untuk kemudian menyebabkan minyak ke udara.

oil diffuser
Sumber : Amazon UK

Tipe kelima : Nebulizer Diffuser

Nebulizer diffuser memecah essential oil menjadi molekul kecil sebelum menyebarkannya ke ruangan. Perangkat ini memiliki motor dan silinder kaca atau botol. Diffuser jenis ini mampu menghasilkan molekul yang lebih kecil sehingga lebih mudah diserap, sehingga meningkatkan manfaat terapeutiknya.

oil diffuser
Sumber : Marnie Clark

Nebulizer diffuser cenderung lebih sulit dibersihkan daripada jenis diffuser lain karena ada kontainer kaca yang mahal dan susah untuk diganti jika rusak. Nebulizer diffuser mungkin tidak sesuai untuk situasi tertentu karena alat ini menghasilkan kebisingan lebih tinggi dibanding jenis diffuser lain.

Tipe keenam : Ultrasonic Diffuser

Ultrasonic diffuser menggunakan frekuensi elektronik untuk menciptakan getaran dalam air, yang menciptakan kabut halus air dan essential oil yang kemudian dilepaskan ke udara.

oil diffuser
Sumber : Groupon

Karena menggunakan air, sebagian orang juga menggunakannya untuk membantu melembabkan udara kering. Sebagian diffuser ultrasonik dapat mati secara otomatis untuk mengendalikan jumlah essential oil yang terdispersi ke udara. Diffuser jenis ini cenderung lebih murah dan awet dibanding nebulizer diffuser loh, sobat.

oil diffuser
Sumber : ArtNaturals

Semua tipe oil diffuser yang ada di atas, ini mudah banget kok penggunaannya. Sobat hanya tinggal membeli essential oil yang diinginkan, memilih tipe oil diffuser yang akan digunakan. Dan masukkan satu-tiga tetes essential oil pada oil diffuser , dan voila ruangan pada hunian menjadi lebih wangi~

Share this:

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...

GET OUR BEST IN YOUR INBOX