sulit tidur alias insomnia
Sumber : Elite Daily

Sulit tidur alias insomnia memang keluhan yang banyak dialami oleh para sobat Rooang saat giat-giatnya bekerja. Susah tidur nyenyak yang mengakibatkan kelelahan fisik keesokan harinya, ini mulai muncul tanda-tandaya saat berguling-guling hampir semalaman di atas kasur tapi mata tidak terpejam juga.

Insomnia juga ditandai dengan sulit tidur atau terbangun beberapa kali sepanjang malam, sehingga sobat tidak mendapatkan istirahat yang maksimal. Jika kondisi ini terus-terusan dibiarkan maka sobat akan mengalami kesulitan di pekerjaan dan susah bersosialisasi loh~

Oleh karena itu, kita harus cari sama-sama solusinya, sobat? Dengar-dengar penggunaan essential oil bisa lho, untuk membantu kondisi sobat yang sulit tidur alias insomnia?? Jenis essential oil apa saja yang cocok untuk mengatasi insomnia? Simak jawabannya di sini ~

Sulit tidur alias insomnia, atasi dengan essential oil

 Lavender Essential oil 

Sobat Rooang wajib tahu lho, bahwa nama lavender berasal dari kata latin “Lavare”, yang berarti “mencuci.” Dan itu bisa diartikan bahwa wangi Lavender bisa mencuci segala yang kotor untuk bisa berubah jadi sesuatu yang bersih.

sulit tidur alias insomnia
Sumber : Amazon.com

Lavender eseential oil merupakan minyak atsiri yang dikenal dengan berbagai kegunaan yang bermanfaat bagi manusia. Lavender berguna untuk relaksasi, desinfektan hingga bisa membantu sobat untuk tidur lebih nyenyak. Di dalam kandungan lavender essential oil mengandung zat yang bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks hingga membuat ketegangan saraf jadi reda.

Chamomile Essential Oil

Chamomile essential oil memiliki beberapa varietas berbeda (blue chamomile, roman chamomile, german chamomile, moroccan chamomile, dll). Roman chamomile adalah herbal kuno yang bisa membantu meringankan insomnia karena stres kronis, sakit kepala atau gangguan saraf.

sulit tidur alias insomnia
Sumber : Off The Grid News

Jika penggunaannya dikombinasikan dengan lavender oil, roman chamomile oil merupakan pilihan efektif untuk pengobatan kesulitan tidur secara alami.

Sweet Marjoram Essential Oil

Varietas yang dianjurkan untuk insomnia adalah sweet marjoram karena memiliki sifat menenangkan pada sistem saraf, yang tentunya bisa membantu sobat Rooang untuk tidur nyenyak.

sulit tidur alias insomnia
Sumber : Janvi Herbs

Sweet marjoram juga dapat menurunkan tekanan darah, meredakan hiperaktivitas, dan mengurangi perasaan sedih, kesepian dan penolakan, yang dapat menambah keparahan insomnia.

Selain tiga jenis di atas, ada beberapa jenis essential oil lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi insomnia diantaranya, : neroli (Citrus aurantium var amara), rose (Rosa damascena), sandalwood (album Santalum), clary sage (Salvia sclaria)ylang ylang (Cananga odorata) dan valerian (Valeriana officinalis atau V. fauriei).

Bagaimana cara menggunakan si essential oil ini??

Setelah mengetahui jenis-jenis essential oil apa yang bisa diaplikasikan sebagai elemen penghilang insomnia, saatnya sobat Rooang belajar cara menggunakan si essential oil ini ~

Ada dua cara nih, sobat :

Pertama : Oleskan campuran dari beberapa essential oil (Lavender, Roman Chamomile, Sweet Marjoram) yang dipilih ke dalam botol dengan carrier oil.  Lalu pijatkan di telapak kaki sobat Rooang. ~Kenapa harus di telapak kaki sih ? Sebab, telapak kaki memiliki banyak area penyembuhan yang terkait dengan berbagai area tubuh sesuai dengan diagram refleksologi, gitu lho~

sulit tidur alias insomnia
Sumber : Essential Home

Kedua : Gunakan diffuser untuk mendistribusikan aroma essential oil secara merata ke seluruh kamar tidur. Niscaya, aroma menenangkan paduan essential oil akan membuat tubuh tenang dan lebih mudah tidur :)

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!

2 COMMENTS