1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
cooker hood dapur
Sumber : hooperprojects.com

Cooker hood yang ada di dalam dapur tentunya adalah alat yang sangat vital. Sebab, cooker hood memiliki fungsi sebagai penghisap asap maupun uap air selama proses memasak berlangsung, supaya mencegah udara di dalam dapur menjadi pengap. Oleh karena itu, alat ini ga boleh kotor terlalu lama, sobat! Kalau gitu, ikuti cara Rooang berikut ini yuk, agar cooker hood dapur tampil kinclong?!

Cooker hood dapur harus rajin dibersihkan

cooker hood dapur
Sumber : dunstabzugshauben.de

Untuk mencegah cooker hood dapur tidak berfungsi ketika sedang dibutuhkan, sobat Rooang musti rajin-rajin untuk membersihkannya.

Fungsi cooker hood di dapur

Karena fungsinya sebagai penyedot asap, uap air serta dan kotoran lainnya di dapur, cooker hood ini dilengkapi filter untuk menyaring udara. Bagian dalam alat penghisap asap sangatlah kotor. Sehingga sobat, akan menemukan tumpukan lemak hingga noda saus di dalam cooker hood. Hal itulah yang pasti akan mempengaruhi kinerja pada cooker hood, sehingga sobat harus rajin membersihkannya.

cooker hood dapur
Sumber : theinspiredroom.net

Cara membersihkan cooker hood dapur

Berikut ini adalah tips untuk membersihkan cooker hood, agar tampil kinclong :

cooker hood dapur
Sumber : turnofffox.com
cooker hood dapur
Sumber : sanaire.com
  1. Sediakan terlebih dahulu alat-alat untuk membersihkan cooker hood, seperti air detergen, kain lap, sikat berbulu halus.
  2. Lepaskan penutup bagian bawah cooker hood. Kemudian buka penjepit filter kawat yang melekat pada bagian dalam penutup.
  3. Rendam filter cooker hood larutan detergen. Kemudian gosokan dengan menggunakan sponge untuk mencuci. Apabila terdapat noda yang agak mengeras, gosoklah dengan menggunakan sikat berbulu halus. Cara tersebut dilakukan untuk menghilangkan noda minyak membandel pada filter.
  4. Setelah digosok dengan menggunakan sponge atau sikat halus, bilaslah bagian filter yang terkena air sabun hingga bersih.
  5. Keringkan filter dengan cara dijemur. Setelah kering, pasang kembali filter alat penghisap asap. Kemudian, nyalakan selama beberapa menit untuk mencoba kinerjanya.
  6. Untuk bagian luar cooker hood, anda dapat membersihkannya dengan kain lap basah yang telah dibubuhi sedikit air detergen, agar noda minyak mudah untuk dibersihkan. Pastikan untuk membersihkan hingga ke sela-sela alat tersebut.

Baca Juga: Tips Memasang Cooker Hood Di Dapur Yang Benar

Lakukanlah langkah-langkah di atas untuk membuat cooker hood dapur tampil kinclong, minimal sekali dalam seminggu atau setidaknya sebulan sekali, yaah~

2 COMMENTS