tips menata ruang keluarga sempit
Sumber: thelittledesigncorner

Selain ruang tamu, ruangan yang biasa digunakan untuk berkumpul di rumah adalah ruang keluarga. Apalagi saat momen lebaran atau momen spesial lainnya di mana banyak keluarga yang datang dan berkumpul bukan hanya di ruang tamu, tapi juga di ruang keluarga. Yang jadi kendala adalah ketika ruang keluarga yang kita miliki di rumah ukurannya tak terlalu luas.

Tapi meski begitu bukan berarti ruang keluarga yang sempit tak bisa disiasati agar terasa luas dan nyaman untuk berkumpul bersama bukan? Berikut ini ada beberapa tips menata ruang keluarga yang bisa Sobat Rooang terapkan lho…

tips menata ruang keluarga
Sumber: blackbanddesign

Furniture Yang Tepat

Untuk ruang keluarga yang sempit, Sobat Rooang tak membutuhkan furniture yang banyak. Yang penting furniture tersebut tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini bisa saja disiasati dengan furniture yang multifungsi nih, Sobat Rooang. Misalnya seperti memilih kursi atau meja yang dilengkapi laci untuk menyimpan barang.

tips menata ruang keluarga yang sempit
Sumber: thelittledesigncorner

Tak Perlu Dikelilingi Dinding

Biasanya posisi ruang keluarga berada di area tengah rumah dan berdekatan dengan ruangan lainnya. Bisa dengan ruang makan atau ruang tamu. Salah satu tips menata ruang keluarga sempit adalah tidak membuat ruang keluarga dikelilingi oleh dinding. Artinya, Sobat Rooang bisa membuat ruang keluarga dengan konsepĀ open plan. Sehingga ruangan terkesan lebih luas deh.

cara menata ruang keluarga sempit
Sumber: dezeen

Butuh Penyekat? Boleh Saja

Meski tak ada dinding penyekat antara ruang keluarga dan ruang tamu, bukan berarti Sobat Rooang tak boleh memberi penyekat di antara kedua ruangan tersebut kok. Jika ingin privasi lebih terjaga, Sobat Rooang bisa saja menggunakan furniture sebagai penyekat ruangan. Misalnya dengan rak sebagai penyekat. Jadi rak tersebut bisa juga untuk menyimpan barang. Efisien kan?

cara menata ruang keluarga yang sempit
Sumber: thezoereport

Cahaya Yang Cukup Dan Menyebar

Agar tak terasa sempit, pastikan ruang keluarga mendapatkan cahaya yang cukup dan menyebar rata ke seluruh ruangan ya. Jika cahaya matahari dirasa kurang, Sobat Rooang bisa menambahkan lampu di sana. Atau bisa juga dengan menggunakan bantuan cermin untuk memantulkan cahaya. Apalagi cermin juga bisa memberi kesan ruangan terasa lebih luas lho.

cara menata ruang keluarga
Sumber: Pinterest

Tips Menata Ruang Keluarga Dengan Gunakan Warna Yang Tepat

Warna cerah selalu jadi pilihan untuk memberi kesan luas pada ruangan sempit. Sobat Rooang pun bisa menerapkannya pada ruang keluarga. Lalu untuk langit-langit rumah, Sobat Rooang bisa mengaplikasikan warna yang lebih mencolok sehingga perhatian lebih tertuju ke area langit-langit rumah. Tapi, trik ini sebaiknya diterapkan jika ruang keluarga memiliki langit-langit yang cukup tinggi ya.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!