1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
Sumber: decorpad

Minimnya ventilasi udara di dapur tak jarang bikin kepulan asap dan aroma masakan pun terjebak di dapur. Permasalahan ini tak jarang dialami terutama pada area perkotaan nih Sobat Rooang. Untuk mengurangi permasalahan tersebut, maka sering kali cooker hood pun dipasang di dapur. Pemasangannya pun membutuhkan trik lho. Apa saja trik memasang cooker hood di dapur yang harus diterapkan?

Menyesuaikan Cooker Hood Dengan Kompor

Penting untuk menyesuaikan ukuran cooker hood yang akan dipasang dengan ukuran kompor. Mengingat biasanya cooker hood tersebut dipasang di atas area kompor, jadi pastikan ukuran kompor yang digunakan tidaklah lebih besar dari ukuran cooker hoodnya ya, Sobat Rooang. Jadi sebelum membeli cooker hood, Sobat Rooang harus tahu ukuran kompor yang digunakan terlebih dulu sebagai bagian dari trik memasang cooker hood di dapur dengan benar.

trik memasang cooker hood di dapur
Sumber: athomearkansas

Jenis Cooker Hood Pun Harus Sesuai Dengan Dapur

Ada beberapa jenis cooker hood yang dijual di pasaran. Yaitu cooker hood dengan bentuk slim hood, built in hood serta yang menyerupai cerobong. Jangan asal suka, pemilihan bentuknya sebaiknya disesuaikan dengan luas dapur nih, Sobat Rooang. Misalnya untuk dapur yang tak terlalu luas, jenis cooker hood yang dipilih sebaiknya yang berbentuk slim hood atau yang built in hood. Tujuannya tentu untuk menghemat tempat agar dapur tak semakin penuh.

tips memasang cooker hood di dapur
Sumber: housetrends

Atur Jaraknya

Pengaturan jarak pemasangan cooker hood dengan kompor biasanya disesuaikan dengan jenis kompor yang digunakan. Misalnya jarak ideal untuk kompor gas biasanya tidak kurang dari 70 cm. Sedangkan untuk kompor listrik, jarak idealnya tak kurang dari 60 cm.

trik memasang cooker hood
Sumber: Pinterest

Pastikan Area Pemasangan Pun Kuat

Ada jenis cooker hood yang dipasang di dinding, serta ada juga yang dipasang di area plafon. Sesuaikan area pemasangannya dengan jenis cooker hood yang digunakan. Jangan lupa untuk memastikan kalau area tersebut cukup kuat untuk menahan beban ya.

tips memasang cooker hood
Sumber: Pinterest

Cek Daya Hisapnya

Sebelum memasang, pastikan daya hisap dari cooker hood tersebut berjalan dengan baik dan semestinya ya. Setelah digunakan jangan lupa juga untuk rajin mengontrol dan membersihkannya, baik pada bagian luar atau bagian dalam dari cooker hood. Bersihkan sesuai dengan bahan cooker hood tersebut ya, untuk menjaga ketahanan materialnya.

cara memasang cooker hood
Sumber: homedsgn

2 COMMENTS