1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
cara meletakkan tv di ruang keluarga
Sumber: billielourd

Tak sedikit orang yang menganggap keberadaan TV dalam rumah itu sebagai salah satu elemen yang sangatlah penting. Bukan cuma untuk mengisi kekosongan space di dalam ruangan tapi juga untuk hiburan, sehingga bisa mengurangi tingkat stress. Kalau rumah-rumah di Indonesia, TV sering kali diletakkan di area ruang keluarga. Sehingga bisa ditonton bersama-sama dengan anggota keluarga di rumah. Berkumpul di ruang keluarga pun jadi lebih asik dan menyenangkan. Tapi bagaimana sih cara menata TV di ruang keluarga yang tepat?

Karena tak jarang, TV dalam ruang keluarga dipasang secara sembarangan dengan melupakan banyak poin penting. Hasilnya area menonton TV pun jadi terasa kurang nyaman. Jadi untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang sering diabaikan, ini lho beberapa cara menata TV di ruang keluarga yang bisa Sobat Rooang terapkan.

Ukuran TV Berbanding Lurus Dengan Ukuran Ruang Keluarga

Menonton televisi dengan ukuran yang besar memang akan menyenangkan dan terasa puas. Tapi jika tidak sesuai dengan ukuran ruangan, jadinya malah terkesan tidak proporsional lho. Misalnya jika ruang keluarga tersebut tak terlalu luas, jika dipaksakan menempatkan TV yang ukurannya besar tentu juga akan membuat ruang keluarga terkesan penuh.

cara menata TV di ruang keluarga
Sumber: houseofturquoise

Letak TV Sebaiknya Sih Sejajar Dengan Mata

Meletakkan televisi dengan posisi lebih tinggi atau lebih rendah dari posisi mata saat Sobat Rooang menonton televisi tentu akan kurang nyaman. Posisi TV yang lebih tinggi akan membuat Sobat Rooang mendongak dan posisi yang lebih rendah akan membuat Sobat Rooang menunduk. Jadi sejajarkan posisi TV dengan mata ya. Pertimbangkan ketinggian sofa dan meja agar lebih nyaman.

tips menata tv di ruang keluarga
Sumber: houseofturquoise

Memperhatikan Jarak Juga Termasuk Cara Menata TV Di Ruang Keluarga

Meletakkan TV terlalu dekat tentu tak baik untuk mata. Sedangkan jika meletakkannya terlalu jauh, juga akan terasa kurang nyaman. Biasanya ukuran TV dan luas ruangan cukup mempengaruhi dalam menentukan jarak TV. Sobat Rooang bisa menyesuaikannya agar lebih nyaman saat menonton TV.

menata tv di ruang keluarga
Sumber: Pinterest

Perhatikan Arah Datangnya Cahaya Sebelum Meletakkan TV

Meletakkan TV dengan posisi menghadap cahaya akan sangat kurang nyaman dan menganggu. Demikian juga jika meletakkannya membelakangi cahaya. Misalnya saja di ruang keluarga terdapat jendela yang cukup besar dan mendapatkan cahaya matahari yang cukup baik. Sobat Rooang bisa meletakkan televisi pada sisi dinding yang berbeda dengan jendela, bukan berhadapan atau membelakangi jendela. Sehingga cahaya yang menyebar dalam ruangan lebih terasa nyaman dan tak mengganggu.

trik menata tv di ruang keluarga
Sumber: Pinterest

Posisikan Tempat Duduk Yang Nyaman

Posisi saat menonton TV yang nyaman adalah berhadapan, bukan menyamping apalagi membelakangi. Sobat Rooang bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sofa yang nyaman dan empuk di depan TV sebagai tempat duduk anggota keluarga.