Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
trik mengecat fasad rumah
Sumber: indeco

Salah satu cara untuk membuat fasad rumah yang sudah kuno tampak kembali menarik dan cantik adalah dengan mengecat ulang. Mengingat cat yang sudah dibiarkan terlalu lama juga akan mulai kusam, rusam dan warnanya memudar. Selain itu, warna cat yang tersebut jika lama digunakan juga bisa membuat rasa jenuh. Sehingga muncul keinginan untuk mengganti cat fasad rumah dengan warna baru dan yang lebih segar. Agar tak perlu memakan waktu terlalu lama, ada beberapa cara mengecat fasad rumah dengan cepat yang bisa dilakukan.

Siapkan Waktu Dan Peralatan

Mengecat fasad rumah mungkin tak bisa diselesaikan dalam satu hari. Oleh karena itu sebaiknya sebelum mulai mengecat ulang fasad rumah, Sobat Rooang menyiapkan waktu dan peralatan yang dibutuhkan seperti roll, kuas, wadah cat, selotip dan lain-lain terlebih dahulu. Lakukan secara perlahan sambil mengecek ulang bagian yang hasilnya dianggap kurang maksimal.

cara mengecat fasad rumah dengan cepat
Sumber: fenesta

Bersihkan Area Dinding Yang Akan Dicat Ulang

Fasad rumah memang rentan terkena kotoran dan debu. Jadi sebaiknya Sobat Rooang membersihkan dinding fasad rumah terlebih dahulu untuk mempermudah proses mengecat. Jika ada noda yang susah dibersihkan, Sobat Rooang bisa gunakan spons yang telah dibasahi dan membiarkannya hingga kering sebelum melapisinya dengan cat yang baru.

cara mengecat fasad rumah dengan cepat dan mudah
Sumber: caratercepat

Mulai Dari Bagian Atas Dan Yang Paling Sulit

Untuk mempermudah proses pengecatan, Sobat Rooang bisa memulai mengecat fasad rumah dari bagian-bagian yang dianggap sulit seperti sudut-sudut rumah atau area yang memiliki detail tertentu. Bagian atas yang sulit dijangkau seperti langit-langit juga bisa dicat lebih dulu.

trik mengecat fasad rumah
Sumber: indeco

Lindungi Bagian Yang Tak Ingin Dicat

Jika ada bagian-bagian tertentu yang tak ingin dicat ulang, sebaiknya tutup bagian-bagian dinding yang tidak ingin dicat tersebut menggunakan selotip atau kertas koran. Jangan lupa tutupi juga bagian kusen pintu dan jendela agar tidak terkena cat yang baru. Tempelkan selotip dengan erat ya agar tidak ada cat yang melebar.

Cara Mengecat Fasad Rumah Dengan Cepat Adalah Dengan Memberi Lapisan Dasar

Sebelum melapisi dinding dengan cat warna yang diinginkan, ada baiknya Sobat Rooang melapisi area tersebut dengan cat dasar atau cat primer terlebih dahulu agar hasilnya lebih bagus. Bukan memperlambat proses pengerjaan, proses ini justru termasuk cara mengecat fasad rumah dengan cepat dan merata tanpa perlu mengecatnya berulang-ulang lho.

mengecat fasad rumah
Sumber: gradnjakuce

Gunakan Jenis Cat Yang Tepat

Ada berbagai macam jenis cat yang bisa Sobat Rooang dapatkan di toko. Tapi untuk bagian fasad rumah, pastikan Sobat Rooang menggunakan jenis cat yang memang untuk eksterior ya. Jangan lupa sesuaikan warna dan pilihan dengan kebutuhan, bukan dengan keinginan saja.

cara mengecat fasad rumah
Sumber: birobangunan.

2 COMMENTS