diy kain ombre
Sumber: californiahomedesign

Mendekorasi rumah dengan barang kreasi atau kerajinan tangan kita sendiri tentu terkesan berbeda dengan aksen dekorasi hasil beli. Aksen dekorasi yang kita bikin sendiri biasanya bisa bikin rumah kita terasa lebih menarik karena ada unsur sentuhan personal sehingga beda dengan dekorasi rumah-rumah lainnya nih, Sobat Rooang. Kita juga rasanya lebih bangga dengan hasil dekorasi kita. Karena itu tak sedikit trik DIY yang bisa dilakukan sendiri untuk mempercantik rumah, salah satunya adalah DIY kain ombre untuk aksen dekorasi rumah.

Mengaplikasikan unsur ombre pada dekorasi, tak jarang bikin interior rumah terkesan lebih ceria, segar dan terkesanĀ artsy lho, Sobat Rooang. DIY kain ombre ini pun bisa diterapkan pada berbagai aksen kain yang ada di rumah. Misalnya pada kain taplak meja, tirai atau bahkan pada kain bantal untuk sofa.

Bahan yang diperlukan untuk DIY kain ombre ini adalah:

1/4 cup deterjen
1/3 cup soda abu
Gelas dan sendok ukur
2 ember atau wadah plastik
1 sendok makan bubuk urea
1-2 sendok makan pewarna pakaian
3 cup garam yang tidak mengkilap
Sarung tangan karet
2-3 wadah plastik untuk mencampur larutan
Penggaris
Tali
2 klip binder
Kayu
Penjepit

cara diy kain ombre
Sumber: bhg

Cara melakukannya:

  1. Cuci kain yang akan dijadikan ombre dengan deterjen. Campurkan juga soda abu dan air hangat ke dalam ember atau wadah plastik, lalu aduk-aduk sampai larut.
  2. Rendam kain dalam cairan yang telah dicampur soda abu tersebut. Rendam minimal selama 30 menit sebagian kain tersebut, tanpa perlu direndam seluruhnya.
  3. Campurkan bubuk urea dan 1 cup air hangat dalam wadah. Masukkan beberapa sendok makan campuran urea dan pewarna kain ke dalam wadah plastik yang telah disediakan untuk mencampur larutan. Aduk hingga berupa pasta, kemudian campurkan sisa urea.

    diy kain ombre
    Sumber: bhg
  4. Tambahkan garam dan air hangat ke dalam ember atau wadah plastik, lalu aduk hingga larut.

    diy kain ombre untuk dekorasi
    Sumber: bhg
  5. Untuk membuat ombre dengan warna yang paling terang, tambahkan sekitar 1/3 cup pewarna yang telah disiapkan pada langkah 3, kemudian aduk. Setelah mencampurkannya, bersihkan bagian dalam ember yang berisi cairan tersebut untuk menghindarkan kain terkena noda yang tidak diinginkan.

    diy kain ombre untuk aksen dekorasi
    Sumber: bhg
  6. Gunakan kayu, klip binder serta tali untuk membuat pegangan pada bagian atas kain.
  7. Celupkan kain sampai pada batas yang diinginkan untuk diwarnai, tahan selama 10 menit atau hingga Sobat Rooang mendapatkan warna yang diinginkan.

    diy kain ombre untuk dekorasi rumah
    Sumber: bhg
  8. Gunakan sarung tangan untuk memeras kain yang telah dicelupkan tersebut. Gunakan satu tangan untuk memegang bagian atas kain, sedangkan tangan satunya untuk memeras kain.
  9. Tempatkan kain pada tempat yang bersih.

    diy kain ombre untuk aksen dekorasi rumah
    Sumber: bhg
  10. Untuk membuatĀ tone warna berikutnya yang berbeda atau lebih gelap, tuangkan kembali sekitar 1/3 cup cairan pewarna yang telah disiapkan pada langkah 3, kemudian aduk.

    cara membuat kain ombre
    Sumber: bhg
  11. Celupkan kain ke dalam wadah. Untuk mendapatkan ombre,batas kain yang dicelupkan pada langkah ini sebaiknya di bawah batas pencelupan sebelumnya sehingga tak merusak warna denganĀ tone lebih terang yang telah dibuat sebelumnya. Celupkan dengan durasi 2x lebih lama dari sebelumnya atau hingga Sobat Rooang mendapatkan warna yang diinginkan.
  12. Ulangi langkah nomer 7 hingga 11 hingga seluruh kain selesai dijadikan ombre. Untuk merendam kain lebih lama, Sobat Rooang bisa menggantungkannya sehingga tak perlu memeganginya terlalu lama ya.

    cara membuat kain ombre untuk dekorasi
    Sumber: bhg
  13. Setelah selesai, cuci kain tersebut dengan air dingin hingga sisa warna pada kain tersebut luntur kemudian peras sekering mungkin.
  14. Cuci kain dengan menggunakan campuran air panas dan deterjen kemudian keringkan sebelum kain siap digunakan.
cara membuat motif kain ombre untuk dekorasi
Sumber: bhg
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!