gaya arsitektur rusia
Sumber : footage

Konsep gaya arsitektur Rusia memang agak sedikit berbeda dibandingkan gaya arsitektur Eropa yang sudah terkenal. Apa saja hal-hal berbeda yang membedakan gaya arsitektur Rusia dengan gaya arsitektur Eropa? Adakah hal yang menjadi poin penting dalam gaya arsitektur Rusia?

Gaya arsitektur Rusia identik dengan kubah

Karena pengaruh gaya arsitektur Eropa yang menyebar luas di seluruh penjuru dunia. Rusia pun mengadopsi gaya arsitektur Eropa yang memiliki ciri khas dengan dome atau kubah.

Gereja Katedral St. Basil
gaya arsitektur rusia
Sumber : loop

Dan gaya arsitektur Rusia ini dipengaruhi sekali oleh gaya Byzantine architecture. yang kuat di masa pemerintahan Ortodoks. Dan sangat kuat sekali pengaruhnya pada bentuk bangunan gereja di masa tersebut.

Identik dengan bentuk kubah yang ujungnya lancip

Bentuk kubah didominasi pada bangunan-bangunan ibadah seperti gereja dan katedral, memberikan gaya arsitektur Rusia mirip dengan arsitektur Eropa. Namun agar memiliki sebuah keunikan tersendiri, di setiap kubah pada desain gereja di Rusia didesain berujung lancip dengan diberi lambang salib di bagian puncak kubah.

Kizhi Pogost 
gaya arsitektur rusia
Sumber: rbth
gaya arsitektur rusia
Sumber : Photoxpress
gaya arsitektur rusia
Sumber : Quora

Bentuk dome atau kubah yang sedikit berbeda dengan gaya arsitektur kubah pada umumnya inilah yang menjadi daya tarik bangunan-bangunan di Rusia. Bentuk kubah yang daplikasikan pada bangunan di Rusia ini konsepnya disebut dengan nama onion dome, soalnya mirip kayak bentuk bawang-bawangan sobat!

Pemilihan material yang tidak biasa jadi hal yang unik

Ciri khas yang selalu muncul pada bangunan yang ada di Rusia itu juga bisa terlihat dari pemilihan materialnya. Karena terbawa gaya Ortodoks hampir semua rumah dan bangunan di Rusia dibangun dari bahan kayu yang diberi finishing dome bergaya onion dome.

gaya arsitektur rusia
Sumber : Pinterest
gaya arsitektur rusia
Sumber : Pinterest

Pemilihan bahan material kayu ini memang agak unik sih, karena biasanya kalau membangun bangunan ibadah setidaknya pasti menggunakan material batu bata atau beton supaya kuat.

Setelah melihat beberapa fakta di atas, memang sedikit terlihat perbedaan antara gaya arsitektur kubah di Eropa bagian barat dan Rusia yang notabene ada di Eropa Timur. Bagaimana menurut sobat ?

 

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!