1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
kuala lumpur international airport
Sumber: sgjbtaxi

Aksi viral supporter Jepang yang membersihkan sampah stadion usai pertandingan Piala Dunia 2018 laga Jepang vs Kolombia lalu, semakin melambungkan nama Jepang. Nah omong-omong soal Jepang, tahukah kamu kalau salah satu stadion yang digunakan untuk laga Piala Dunia 2018 di Rusia itu karya Kisho Kurokawa, arsitek asal Jepang yang karyanya sudah mendunia?

Stadion tersebut adalah stadion Saint Petersburg yang memiliki konsep ala pesawat luar angkasa atau UFO. Lahir pada 8 April 1934, Kurokawa termasuk salah satu arsitek ternama Jepang yang juga merupakan pendiri gerakan metabolisme, yang berpendapat bahwa seperti makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang, maka demikian juga dengan kota dan arsitektur. Tapi selain stadion Saint Petersburg, ternyata tak sedikit karya Kisho Kurokawa di berbagai negara yang tak kalah menawan. Apa saja ya?

Nakagin Capsule Tower

karya kisho kurokawa
Sumber: flickr
nakagin capsule tower
Sumber: interiorator

Dibangun di Tokyo, Jepang, Nakagin Capsule Tower termasuk salah satu karya Kisho Kurokawa yang paling terkenal. Konsep bangunannya terdiri dari kumpulan unit-unit ruang prefabrikasi yang disusun sehingga fasadnya tampak unik. Di mana unit-unit tersebut memang menerapkan konsep kapsul, sehingga kemudian sesuai dengan namanya yaitu Capsule Tower. Yang tak kalah menarik, Nakagin Capsule Tower ini adalah bangunan dengan konsep kapsul yang pertama di dunia untuk penggunaan permanen lho.

Toyota City Stadium

toyota city stadium karya kisho kurokawa
Sumber: reddit

Stadion rancangan Kurokawa yang ini memang sangat mirip dengan desain Stadion Saint Petersburg di Rusia. Pasalnya konsep Stadion Saint Petersburg memang versi besar dari stadion Toyota City yang ada di Jepang ini, di mana keduanya merupakan stadion karya Kisho Kurokawa. Dibangun selama 4 tahun sejak dimulai pada tahun 1997, stadion ini selalu jadi salah satu tempat laga turnamen FIFA World Cup Club lho.

Melbourne Central Karya Kisho Kurokawa

melbourne central karya kisho kurokawa
Sumber: probuild
arsitektur melbourne central karya kisho kurokawa
Sumber: gpt

Dibangun pada tahun 1986-1991, Melbourne Central terdiri dari Shopping Center (Atrium annex), Shopping Center (Lonsdale annex) serta tower. Berlokasi di pusat bisnis Kota Melbourne, gedung ini menggunakan material panel aluminium, kaca reflektif, kaca berwarna serta batu sebagai komposisi material fasadnya. Sehingga menimbulkan kesan modern dan futuristik pada desain gedungnya.

Kuala Lumpur International Airport

kuala lumpur international airport
Sumber: sgjbtaxi
kuala lumpur international airport karya kisho kurokawa
Sumber: klia2

Konsep atap pada desain arsitektur Kuala Lumpur International Airport ini menerapkan konsep kubah untuk menggambarkan simbiosisi antara tradisi Islam dan teknologi. Bukan hanya tampak modern, desain arsitekturnya yang menggambarkan arsitektur Islam dan konsep arsitektur abstrak, membuat bandara ini tampak megah dan unik.