bangunan bersejarah di kota bandung
Sumber : 89labdesign

Bandung adalah kota yang penuh kenangan. Selain memiliki berbagai destinasi wisata alam, kota Bandung juga turut dihuni banyak bangunan bersejarah yang merupakan saksi kemerdekaan Indonesia. Dimana saja sih, bangunan bersejarah di kota Bandung ? Adakah dari Sobat Rooang yang sudah pernah mengunjungi bangunan bersejarah di kota Bandung berikut ini?

Bangunan bersejarah di kota Bandung berawal dari Gedung Sate

bangunan bersejarah di kota bandung
Sumber : wikipedia

Bangunan bersejarah di kota Bandung sudah pasti tidak lepas dari Gedung Sate. Gedung yang berfungsi sebagai gedung pemerintahan di Jawa Barat ini, adalah salah satu peninggalan bersejarah yang sangat ikonik di Bandung!

bangunan bersejarah di kota bandung
Sumber : detikNews

Terletak di jalan Diponegoro No.22, Gedung Sate yang masih berdiri kokoh dengan gaya desain bangunan khas Belanda ini makin tampil atraktif dengan penambahan ornamen dekoratif di sudut-sudut eksteriornya.

bangunan bersejarah di kota bandung
Sumber : anekatempatwisata

Dibangun pada Juli 1920 dan selesai pada bulan September 1924, Gedung Sate merupakan sebuah karya dari arsitek bernama Ir. J.Gerber dan kelompoknya, yang selama proses pembangunan tidak terlepas dari masukan maestro arsitek Belanda Dr.Hendrik Petrus Berlage, yang bernuansakan wajah arsitektur tradisional Nusantara.

bangunan bersejarah di kota bandung
Sumber : mapio.net

Banyak kalangan arsitek dan ahli bangunan menyatakan Gedung Sate adalah bangunan monumental yang anggun mempesona dengan gaya arsitektur unik mengarah kepada bentuk gaya arsitektur Indo-Eropa, (Indo Europeeschen architectuur stijl).

Baca juga : Microlibrary Bandung Ini, Jadi Juara Ajang Arsitektur Dunia

Bangunan bersejarah berikutnya adalah Museum Merdeka Bandung

Gedung Merdeka yang terletak di jalan Asia-Afrika, Bandung, Indonesia, adalah gedung bersejarah yang pernah digunakan sebagai tempat Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika tahun 1955. Kini gedung ini digunakan sebagai museum yang memamerkan berbagai benda koleksi dan foto Konferensi Asia-Afrika, sobat.

bangunan bersejarah di kota bandung
Sumber : Suara Pembaruan

Bangunan ini dirancang pada tahun 1926 oleh Van Galen Last dan C.P. Wolff Schoemaker. Keduanya adalah Guru Besar pada Technische Hoogeschool te Bandoeng (TH Bandoeng – yang kemudian menjadi Institut Teknologi Bandung – ITB), dan dua arsitek Belanda yang terkenal pada masa itu. Gedung ini kental sekali dengan nuansa art deco yang tampil megah, terlihat dari lantainya yang terbuat dari marmer buatan Italia yang mengkilap.

Hotel Bidakara Bandung

bangunan bersejarah di kota bandung
Sumber : Agoda

Hotel Bidakara Bandung ini disebut bersejarah sebab bangunan hotel bergaya art deco ini adalah hotel di mana para anggota Konferensi Akbar Asia-Afrika bermalam, sobat. Nama-nama pemimpin seperti Ir Soekarno, Ho Chi Minh da Tito beristirahat di sini sebelum mengikuti konferensi yang digelar pada 1955 ini. Sebelumnya, Hotel Bidakara ini sempat dijadikan barak mewah untuk para prajurit Jepang di masa penjajahan, Sobat Rooang.

Adakah dari Sobat Rooang yang sudah pernah mengunjungi bangunan-bangunan di atas?

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!