1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
bangunan saksi sejarah museum perumusan naskah proklamasi
Sumber: kemdikbud

Kemerdekaan Indonesia telah diproklamasikan pada 17 Agustus 1945, yang artinya sudah 73 tahun Indonesia pun merdeka dan bebas dari penjajahan. Jadi dengan kemerdekaan yang didapatkan tersebut, sudah seharusnya kita bersyukur dan tak melupakan sejarah begitu saja bukan? Untuk menghormati sejarah perjuangan bangsa Indonesia, salah satunya bisa dengan cara mengunjungi bangunan saksi sejarah.

Nah ini lho beberapa bangunan saksi sejarah yang harus Sobat Rooang tahu dan kegunaannya saat ini.

Tugu Proklamasi Adalah Bangunan Saksi Sejarah

Kemerdekaan Indonesia salah satunya ditandai dengan pembacaan naskah proklamasi kemerdekaan. Nah tentu saja lokasi di mana naskah proklamasi tersebut dibacakan juga jadi salah satu tempat bersejarah yang tak boleh dilupakan bukan?

bangunan saksi sejarah
Sumber: situsbudaya

Dibacakan di rumah Soekarno, saat ini rumah yang telah dihancurkan sejak 1960 atas permintaan Bung Karno itu berubah menjadi Tugu Proklamasi. Bertempat di komplek Taman Proklamasi, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat. Saat ini ditempat ini juga terdapat monumen dua patung Soekarno-Hatta dengan ukuran besar yang berdiri berdampingan dengan pose yang mirip saat membacakan naskah proklamasi.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Awalnya, Museum Perumusan Naskah Proklamasi (Munasprok) ini ternyata merupakan tempat kediaman Laksamana Maeda yang baru dijadikan sebagai Museum Perumusan Naskah Proklamasi pada tahun 1992. Jika Tugu Proklamasi yang dulunya adalah rumah Soekarna, di mana naskah proklamasi dibacakan untuk pertama kalinya, maka di sinilah, di kediaman Laksamana Maeda naskah proklamasi pun dirumuskan. Sehingga kemudian dinamakan Museum Perumusan Naskah Proklamasi (Munasprok).

bangunan saksi sejarah museum perumusan naskah proklamasi
Sumber: kemdikbud

Terletak di Jl. Imam Bonjol No. 1, Menteng, DKI Jakarta, Sobat Rooang bisa mengunjungi tempat bersejarah, di mana Museum Perumusan Naskah Proklamasi ini berada.

Rumah Inggit Garnasih

Pernah ditempati oleh Bung Karno dan Bu Inggit pada tahun 1926 – 1934 sebelum Bung Karno dibuang ke Ende, rumah ini kini menjadi Rumah Inggit Garnasih sebagai bangunan cagar budaya. Berlokasi di Jl. Inggit Garnasih (Ciateul) No. 8, Bandung, rumah ini dulunya sering kali menjadi tempat berkumpulnya para pejuang Indonesia sebelum masa kemerdekaan. Di rumah ini pulalah misi kemerdekaan sering dibicarakan oleh Bung Karno dengan para pejuang Indonesia.

rumah inggit garnasih bangunan bersejarah
Sumber: klikhotel

Sebagai salah satu bentuk syukur dan terima kasih kita sebagai generasi Indonesia atas perjuangan Kemerdekaan para pejuang, tak ada salahnya kita pun ikut mengunjungi dan merawat bangunan saksi sejarah sehingga tetap lestari di masa mendatang.

1 COMMENT