1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
tempat pensil dari gulungan tisu toilet
Sumber: jessiedaye

Kalau kita melihat sekeliling, kemungkinan tak sedikit barang bekas yang ada di sekeliling kita dan bisa didaur ulang untuk dimanfaatkan kembali nih Sobat Rooang. Salah satunya termasuk gulungan tisu toilet. Tak asing dan mudah ditemukan, kita bisa lho membuat gulungan tisu toilet jadi tempat pensil yang cantik dan tampak mewah dengan nuansa gold.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Kamu Bisa Bikin Kardus Bekas Jadi Dekorasi Cantik

Bukan cuma bahan-bahan yang diperlukan mudah didapat, cara membuatnya juga mudah kok, Sobat Rooang. Nantinya setelah Sobat Rooang membuat sendiri DIY gulungan tisu toilet jadi tempat pensil yang cantik ini, Sobat Rooang tak perlu lagi membeli tempat pensil untuk meletakkan pensil dan berbagai alat tulis lainnya di atas meja. Meja belajar atau meja kerja pun jadi lebih rapi dan cantik dengan karya daur ulang ini.

Jadi untuk membuatnya, apa saja sih yang diperlukan?

  • 24 buah gulungan tisu toilet bekas atau jumlahnya bisa disesuaikan kembali.
  • Lem yang berdaya rekat baik.
  • 7 1/4″ x 10 3/4″ kardus bekas atau karton tebal, atau lebarnya bisa disesuaikan kembali berdasarkan jumlah gulungan tisu yang akan dipakai.
  • Cat semprot dengan warna gold.
diy gulungan tisu toilet jadi tempat pensil
Sumber: jessiedaye

Nah setelah semua bahan siap, yuk ikuti cara membuatnya seperti ini:

Berdirikan semua gulungan tisu bekas yang Sobat Rooang sudah siapkan sebelumnya secara berbaris. Sobat Rooang bisa menyusunnya menjadi 6 kolom 4 baris, atau menyesuaikannya kembali sesuai dengan keinginan. Sebaiknya Sobat Rooang menyesuaikan ukurannya dengan meja yang akan ditempati dan jumlah yang dibutuhkan ya.

gulungan tisu toilet jadi tempat pensil
Sumber: jessiedaye

Setelah menentukan jumlah kolom dan baris yang diinginkan, tempelkan masing-masing gulungan menggunakan lem perekat. Usahakan jangan terlalu banyak menggunakan lem agar tak terlalu luber dan membuatnya tampak kurang rapi ya. Namun jangan juga terlalu sedikit sehingga daya lekatnya kurang maksimal dan membuat gulungan tisu mudah lepas.

Diamkan selama beberapa menit hingga lem mengering dan tertempel sempurna.

Jika semua gulungan tisu sudah tertempel satu sama lain, tempelkan bagian bawah gulungan tersebut dengan kardus bekas atau kertas karton tebal yang ukurannya telah disesuaikan. Jika ternyata ukuran kardus atau karton tersebut terlalu besar, Sobat Rooang bisa memotong kembali setiap tepinya hingga lebih pas dan rapi.

Diamkan kembali selama beberapa menit hingga lem mengering dan gulungan tisu dengan alasnya tertempel sempurna.

daul ulang tempat pensil dari gulungan tisu toilet
Sumber: jessiedaye

Setelah lem mengering dan menempel sempurna, Sobat Rooang sudah bisa menyemprotkan cat berwarna keemasan tersebut pada sekeliling gulungan tisu agar tampak lebih cantik. Agar tampak rapi, pastikan seluruh bagian luarnya tertutupi cat dengan baik ya.

Tempat pensil dari gulungan tisu bekas karya sendiri pun jadi deh!

tempat pensil
Sumber: jessiedaye

Selain dapat dijadikan tempat pensil, Sobat Rooang juga menggunakan karya ini sebagai tempat untuk meletakkan kuas make up nih. Praktis, cantik dan unik. Tertarik membuatnya?

3 COMMENTS