1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
jakarta international velodrome
Sumber : ArchitectureAU

Satu lagi venue Asian Games 2018 yang sangat menarik untuk dibahas. Venue tersebut adalah Jakarta International Velodrome, yang digadang-gadang salah satu venue termegah sekaligus hemat energi pada Asian Games 2018 kali ini. Intip yuk, desain megah Jakarta International Velodrome berikut ini!

Jakarta International Velodrome, dirancang megah dan berkualitas internasional

Jakarta International Velodrome adalah fasilitas olahraga yang terletak di Ramawangun, Jakarta. Arena akan digunakan sebagai tempat untuk akan digunakan untuk cabang olah raga balap sepeda pada Asian Games 2018. Yang sudah mengikuti kualitas dan standarisasi internasional, serta memiliki sertifikat standar dari UCI (Federasi Balap Sepeda Internasional). Bahkan menurut Project Director Development Jakpro Iwan Takwin, stadion ini sudah memenuhi kriteria UCI, seperti, kualitas treknya, panjang treknya, fasilitas penunjang, pengelola ruang tes doping, storage bike, serta akses official dan atlet. Maka, tak heran, stadion ini mendapat sertifikat terbaik dari UCI (Federasi Balap Sepeda Internasional).

jakarta international velodrome
Sumber : Viva

Meskipun megah, stadion ini juga mengusung konsep yang ramah lingkungan

Stadion ini dibangun oleh  arsitek Richard Coulson dari COX Rayner Inggris dengan konsep hemat energi dalam rancangan velodrome-nya. Richard memilih bahan membran untuk bagian dinding dan atap bangunan. Sedangkan untuk bagian velodrome yang mencakup area 9,5 hektar. Velodrome sepanjang 250 meter ini terbuat dari kayu Siberia yang didatangkan langsung dari Jerman. Kayu Siberia memiliki kelebihan untuk digunakan sebagai lintasan balap sepeda dibandingkan jenis kayu lainnya. Ketahanan kayu Siberia disebut bisa bertahan 30 tahun lebih dengan tingkat perawatan maksimal. Meskipun punya sedikit kelemahan yaitu tingkat kelembapan yang tinggi, namun semua itu bisa teratasi dengan perawatan yang ekstra.

jakarta international velodrome
Sumber : Viva
jakarta international velodrome
Sumber : poskotanews

Menariknya bagian datar di tengah Velodrome yang memiliki luas 30×70 meter, ini bisa difungsikan untuk pertandangian cabang olahraga lain, lho! Bisa jadi arena pertandingan untuk bulutangkis, futsal, basket hingga olahraga gulat, wah keren ya Sobat!

jakarta international velodrome
Sumber : sport.bisnis

Dan yang lebih keren lagi, Richard juga membangun velodrome Rawamangun dengan standar anti-gempa, Sobat! Dan untuk kapasitas tribun penonton, akan diisi oleh dua ribu kursi permanen dan seribu kursi tambahan.