1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
merenovasi rumah
Sumber: gettyimages

Merenovasi rumah tanpa mengetahui aturan dan larangannya, dapat berakibat buruk dan membuat hasil renovasi rumah jadi tak sesuai dengan harapan lho. Karenanya sebelum merenovasi, ada baiknya Sobat Rooang mengetahui apa saja larangan saat merenovasi rumah sehingga bisa menghindari kesalahan.

Nah untuk meminimalis terjadinya kesalahan yang tak diinginkan saat merenovasi rumah, ini lho yang sebaiknya Sobat Rooang ketahui…

Mencoba Cat Tembok Langsung Pada Dinding Adalah Larangan Saat Merenovasi Rumah

larangan saat merenovasi rumah
Sumber: deviantart

Untuk mengetahi warna asli dari cat, memang sebaiknya dengan mencobanya secara langsung. Mengingat tak jarang, warna cat yang ada di katalog dengan warna aslinya memang ada sedikit perbedaan. Tapi mencobanya langsung pada dinding yang akan dicat, tentu keputusan yang kurang bijak. Pasalnya cat tersebut akan membekas dan susah dibersihkan nih Sobat Rooang. Jadi ada baiknya jika ingin mencobanya, Sobat Rooang menggunakan papan atau kertas poster saja.

Membeli Furniture Sebelum Memutuskan Kegunaannya

Saat merenovasi rumah, kita mungkin akan tergoda juga untuk mengganti dan membeli berbagai furniture serta kebutuhan lainnya untuk rumah. Tak ada salahnya kok membeli dan mengganti furniture lama yang memang sudah ingin diganti. Tapi hindari membeli furnitur sebelum tau akan digunakan atau ditempatkan di mana ya. Sehingga dengan demikian, Sobat Rooang pun bisa menghindari ketidakcocokan furnitur dengan area yang akan ditempati.

larangan saat akan merenovasi rumah
Sumber: flexsteel

Hal ini termasuk juga saat ingin membeli karpet, tirai, atau aksesoris dekorasi lainnya. Jadi Sobat Rooang pun bisa menghindari kemungkinan benda-benda tersebut tak terpakai karena ternyata tak sesuai dengan tempat atau fungsinya.

Pemilihan Warna Lantai Perlu Dipertimbangkan

lantai kayu
Sumber: homedepot

Hindari menggunakan lantai berwarna putih atau lantai kayu yang terlalu gelap kalau Sobat Rooang tidak siap untuk membersihkannya secara rutin setiap hari. Karena lantai dengan warna putih atau lantai kayu yang berwarna gelap hanya akan tampak indah sesaat setelah dibersihkan saja. Selanjutnya lantai tersebut akan mudah kotor dan tampak mengganggu interior rumah Sobat Rooang lho. Jadi pertimbangkan baik-baik pemilihan warna dan material lantai saat akan merenovasi rumah ya.

Jangan Beli Aksesoris Hanya Demi Mengisi Kekosongan

aksesoris dekorasi rumah
Sumber: observatoriosancalixto

Akan kurang bijak jika terlalu banyak membeli aksesoris atau hiasan rumah yang fungsinya hanya untuk mengisi kekosongan saja. Karena itu sebelum memutuskan untuk membelinya, Sobat Rooang perlu mempertimbangkan fungsi dan kegunaannya terlebih dahulu. Tema desain interior rumah pun perlu dijadikan pertimbangan agar hiasan tersebut lebih sesuai.

Namun jangan lupa untuk mempertimbangkan budget juga ya Sobat Rooang. Hindari membeli sesuatu secara spontan hanya karena model atau desainnya yang lucu agar biaya renovasi rumah tidak membengkak.