rumah yang pernah ditinggali bung karno
Sumber: ranselsibungsu

Semasa hidupnya Bung Karno memang sempat tinggal bukan hanya dalam satu tempat, namun dalam beberapa tempat. Misalnya saja rumah pengasingan yang pernah ditempati oleh Bung Karno saat menjalani hukuman politik. Tapi selain itu juga ada beberapa rumah yang pernah ditinggali oleh Bung Karno lainnya. Mana saja rumah itu?

Rumah Kelahiran Bung Karno Di Surabaya

rumah kelahiran bung karno
Sumber: rappler

Tampak sederhana, rumah yang fasadnya menggunakan warna cat putih dengan perpaduan kusen jendela dan pintu yang berwarna hijau, rumah ini juga tampak cantik. Selain itu, aksen keramik berwarna merah pada bagian bawah, memberi kesan elegan pada fasad rumah tersebut. Terletak di Pandean Gang IV No. 40, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, Surabaya, di sini lah tempat di mana Bung Karno lahir. Meski tak sedikit juga yang menganggap bahwa di Blitar lah Bung Karno lahir.

Rumah Bung Karno Di Blitar

rumah bung karno blitar
Sumber: klikhotel

Berada di Blitar, rumah ini menjadi tempat di mana Bung Karno menghabiskan masa remajanya. Rumah yang tampak sejuk dan nyaman ini terletak di Jalan Sultan Agung, Kelurahan Bendo Gerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kabupaten Blitar.

Bukan hanya menjadi rumah tinggal Soekarno saat masa remaja, namun di area ini jugalah di mana Bung Karno dimakamkan.

Rumah Persembunyian Di Yogyakarta

rumah bung karno yogyakarta
Sumber: merdeka

Menjadi tempat tinggal Bung Karno saat bersembunyi dari pencarian Belanda. Rumah yang berada di Jalan Patangpuluhan nomor 22, Yogyakarta, pada sekitar tahun 1947-1948 ini pernah menjadi rumah persembunyian Bung Karno bersama istrinya Fatmawati. Rumah yang selesai dibangun pada tahun 1938 ini merupakan rumah dari Ir Purbodiningrat, adik angkatan Bung Karno saat berkuliah di Technische Hoogeschool te Bandoeng (THB), atau Institut Teknologi Bandung (ITB).

Rumah Pengasingan Bengkulu

rumah bung karno bengkulu
Sumber: deddyhuang

Perjuangan yang dilakukan Bung Karno untuk Indonesia, membuat penjajah tak menyukainya. Pada tahun 1938-1942, Bung Karno pernah diasingkan ke Bengkulu. Tinggal di rumah milik pedagang keturunan Tionghoa, Tjang Tjeng Kwat, di sinilah benih cinta antara Bung Karno dan Ibu Fatmawati tumbuh. Rumah ini dipilih sebagai tempat pengasingan karena lokasinya yang saat ini cukup susah dijangkau dan terpencil.

Rumah Djiauw Kie Siong Di Rengasdengklok

rumah bung karno rengasdengklok
Sumber: klikhotel

Rengasdengklok menjadi salah satu tempat penting bagi sejarah kemerdekaan Indonesia, mengingat di sinilah naskah teks Proklamasi disusun oleh Bung Karno dan Bung Hatta. Meski mungkin tak ditempati dalam waktu yang lama oleh Bung Karno, namun rumah yang berada di Kampung Bojong Tugu, Kelurahan Rengasdengklok, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, milik keluarga Djiau Kie Song ini termasuk rumah penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia.

Rumah HOS Cokroaminoto Juga Termasuk Rumah Yang Pernah Ditinggali Oleh Bung Karno

Rumah Yang Pernah Ditinggali Oleh Bung Karno
Sumber: Dokumentasi ROOANG

Pada saat muda, Bung Karno bersama beberapa aktivis pergerakan bangsa Indonesia pernah tinggal dan mengekos di sini. Rumah yang pernah ditinggali oleh Bung Karno ini merupakan rumah milik HOS Cokroaminoto yang berada di Jalan Peneleh 7, Surabaya. Sebagai cagar budaya, saat ini rumah yang tampak sederhana dengan arsitektur tradisionalnya yang khas ini pun menjadi museum HOS Cokroaminoto yang bisa dikunjungi oleh umum.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!