1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
stadion akuatik gbk
Sumber: bugaraga

Stadion akuatik GBK yang menjadi salah satu venue Asian Games 2018, belakangan ini cukup menarik perhatian banyak orang. Pasalnya, area yang menjadi arena pertandingan cabang olahraga renang ini memang tampak sangat keren. Bahkan Stadion Akuatik GBK ini juga mendapat sertifikat internasional dari Federasi Akuatik Internasional (FINA) lho. Wah… stadion baru yang sekelas internasional ini sudah pasti bikin kita, masyarakat Indonesia bangga bukan?

Nah sebenarnya, sekeren apa sih Stadion Akuatik GBK ini? Intip yuk!

Memiliki Atap Yang Bentuknya Ikonik

Bangunan baru dari Stadion Akuatik GBK ini memiliki atap yang bentuknya ikonik dengan mengambil bentuk transformasi gelombang air. Yang mana bentuk ikonik atap tersebut menggambarkan fungsi bangunan yang digunakan sebagai sebuah sarana olahraga renang. Menarik bukan? Ikonik atap stadion ini didesain oleh arsitek principal Ikatan Arsitek Indonesia, Andra Matin lho.

stadion akuatik jakarta taraf internasional
Sumber: Aditia Noviansyah/kumparan

Stadion Akuatik GBK Merupakan Bangunan Cagar Budaya

Pertama kali dibangun pada tahun 1960, seperti halnya Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Stadion Akuatik GBK ini juga termasuk bangunan cagar budaya. Karena itu meski bangunan ini direnovasi hingga memenuhi standar untuk pertandingan Asian Games, Stadion Akuatik wajib mempertahankan ciri khas bangunan lamanya. Karenanya,  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) sebagai penanggung jawab, bertugas merenovasi kedalaman kolam, pembangunan atap, serta fasilitas pendukung yang terbaru.

stadion akuatik jakarta
Sumber: Aditia Noviansyah/kumparan

Atap Stadion Tak Hanya Menarik Secara Desain, Tapi Juga Fungsional

Bentuk ikonik atap yang menggambarkan kegunaan stadion bukan hanya terlihat menarik secara model, tapi juga berfungsi untuk mencegah terjadinya karat dari penguapan klorin pada area stadion. Selain itu, atap yang dibuat semi terbuka itu juga berfungsi untuk mengontrol suhu air pada kolam. Yang mana berbagai teknologi modern juga sudah diterapkan pada stadion yang memiliki kolam renang utama, kolam polo air, kolam loncat indah, dan kolam pemanasan itu.

stadion akuatik jakarta bertaraf internasional
Sumber: Aditia Noviansyah/kumparan

Stadion Akuatik Terbaik Se-Asia

Bukan hanya bertaraf Internasional, Stadion Akuatik GBK ini juga menjadi Stadion Akuatik terbaik se-Asia. Yang mana bukan hanya kapasitasnya bertambah dari 6.000 menjadi 8.000 dari bangunan sebelumnya, namun juga ramah pada disabilitas lho. Stadion Akuatik GBK juga didukung dengan ruang ganti, ruang kantor, ruang kesehatan, mushalla, ruang bilas/toilet serta parkir pertandingan.

Dalam hal pencahayaan, bangunan baru Stadion Akuatik GBK ini kini pun mempunyai kapasitas pencahayaan sebesar 1.500 lux. Jadi sudah pasti pencahayaan tersebut bikin stadion  terasa semakin nyaman bukan?