1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
ciri khas fasad rumah eropa
Sumber : Home Stratosphere

Arsitektur bergaya Eropa mudah ditemui hampir di seluruh bagian dunia. Selain karena bentuknya yang mempesona, pada jaman dahulu bangsa Eropa menjajah banyak negara,  sehingga membawa pengaruh arsitektur pada bangunan-bangunan lokal termasuk rumah gaya Eropa. Oleh karena itu sebelum membuat hunian ala Eropa, coba perhatikan dahulu deh, 5 ciri khas fasad rumah Eropa berikut. Apakah ciri khas fasad rumah Eropa yang dikenal dengan kesan klasik itu?

Ciri khas fasad rumah Eropa biasanya dibangun dengan adanya pilar

Ciri khas fasad rumah Eropa yang jadi favorit di beberapa negara ini, biasanya selalu tampil dengan keberadaan pilar di sisi kanan dan kiri pintu masuk hunian. Bentuk pilar pada umumnya menyerupai silinder, tergantung dari desain rumah gaya Eropa itu sendiri, berkiblat ke gaya Romawi atau ke gaya Perancis.

ciri khas fasad rumah eropa
Sumber : Pinterest

Pintu utama yang menjorok ke dalam jadi satu ciri khas fasad rumah Eropa yang tidak bisa dihilangkan

Rumah gaya Eropa memang identik dengan kemegahan, sehingga untuk pemilihan model dan desain pintu pada rumah gaya Eropa pun harus megah. Namun ada satu ciri khas yang hadir di fasad rumah-rumah Eropa yang tidak bisa dihilangkan. Yaitu desain pintu utama rumah yang didesain menjorok masuk ke bagian dalam, sehingga tercipta welcoming area yang eksklusif.

ciri khas fasad rumah eropa
Sumber : techdirt

Identik dengan bentuk pintu utama yang melengkung

Saat pertama kali melihat rumah bergaya ala Eropa, mudah sekali sih untuk melihat seperti apa ciri khasnya. Kebanyakan rumah-rumah bergaya Eropa itu selalu mengaplikasikan bentuk pintu utama yang sisi bagian atasnya melengkung setengah lingkaran kayak ini.

ciri khas fasad rumah eropa
Sumber : Lorne Rose Architect

Identik juga dengan tampilan jendela yang besar

Selain tampil dengan pintu utama yang megah dan melengkung sisi atasnya, ciri khas fasad rumah Eropa juga tidak boleh lepas dari model tampilan jendelanya yang juga berukuran besar.

ciri khas fasad rumah eropa
Sumber : Real Estate View

Tampilan fasad rumah Eropa biasanya sih selalu simetris

Tampilan fasad rumah yang simteris biasanya memang jadi salah satu ciri khas rumah-rumah Eropa yang tidak bisa dihilangkan. Tampil menonjol di bagian tengah karena ada pintu utama hunian, sementara sisi kanan dan kiri diisi oleh tampilan jendela besar yang jadi aksen pelengkap hunian.

ciri khas fasad rumah eropa
Sumber : realtor

Baca juga : Fasad Rumah Simetris, Katanya Sih Lebih Enak Dipandang Mata 

Tertarik untuk membangun rumah bergaya Eropa juga ga?