Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
hati-hati dalam memilih piring makan
Sumber : face2face-english

Menjaga kesehatan memang tidak semudah yang dipikirkan. Selain menjaga diri dari luar dengan cara berolahraga dan memakan makanan yang sehat dan juga bernutrisi, mengatur waktu istirahat dengan baik jadi satu resep menjaga kebugaran tubuh yang ampuh! Tapi tahukah Sobat Rooang jika, pemilihan peralatan makan seperti piring, ternyata berperan penting untuk menjaga kesehatan?! Karena jika salah dalam memilih material piring makan bisa berakibat fatal. Nah, supaya Sobat Rooang bisa hati-hati dalam memilih piring makan, inilah 3 alasan logisnya. Apa saja ya, 3 alasan logis tersebut?

Hati-hati dalam memilih piring makan itu sangat penting

Mungkin tidak banyak yang memahami bahwa Sobat harus hati-hati dalam memilih piring makan. Mengingat banyak yang menganggap bahwa piring hanyalah sebuah wadah makanan. Padahal berhati-hati dalam memilih piring makan itu penting banget!! Kalau sampai salah langkah, bisa-bisa Sobat Rooang membahayakan kesehatan diri sendiri dan seluruh anggota keluarga. Harus benar-benar berhati-hati yah!

hati-hati dalam memilih piring makan
Sumber : lifilm

Pelajri dulu bahan-bahan yang biasa digunakan untuk piring makanan

Bahan material sebuah piring itu ada beragam, Sobat. Ada yang bisa dipakai dalam jangka waktu tertentu, tapi ada juga yang berbahaya dan sebaiknya dihindari. Bahan-bahan material pembuat piring itu biasanya berasal dari keramik, kayu, plastik, aluminium, styrofoam dan juga melamin.

hati-hati dalam memilih piring makan
Sumber : face2face-english

Mengapa harus hati-hati dalam memilih piring makanan sih? Soalnya bahan material sebuah piring makan itu berpengaruh sekali untuk kesehatan tubuh, Sobat. Sehingga harus benar jeli dan hati-hati dalam memilih peralatan makan. Soalnya kan, tidak semua bahan berakibat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Hindari menggunakan piring makanan dari bahan melamin

Dilansir oleh Hello Sehat dan sebuah studi dari Kaohsiung Medical University di Taiwan,  yang meneliti tentang penggunaan jenis piring melamin pada 12 responden yang berusia 20 tahunan. Penelitian tersebut berfokus pada subjek yang diminta untuk menyantap makanan panas di piring melamin dibandingkan dengan piring keramik. Hasilnya? Setelah 3 (tiga) minggu, responden yang memakan makanan dari jenis piring melamin lebih banyak menghasilkan 8.35 mikrogram urin, yang bisa meningkatkan risiko datangnya penyakit batu ginjal.

hati-hati dalam memilih piring makan
Sumber : decorbycolor

Lalu, bagaimana seandainya jika sudah punya koleksi jenis piring melamin di rumah Sobat? Tenang saja, jenis piring melamin dapat digunakan untuk menghidangkan makanan. Hanya saja makanan harus dalam keadaan dingin ya!

Pilih saja piring berbahan keramik, kaca atau piring dari kayu

Jika ingin lebih sehat, coba gunakan beberapa pilihan jenis piring yang terbuat dari bahan kayu, keramik dan kaca agar lebih aman digunakan untuk menaruh makanan panas ataupun dingin.

hati-hati dalam memilih piring makan
Sumber : keeboshop
hati-hati dalam memilih piring makan
Sumber : umamigirl

Selain itu, jenis piring ini juga aman untuk ditaruh di microwave yang berguna untuk memanaskan makanan. So, keluarga sehat, makanan pun jadi aman terkendali, bukan?

 

1 COMMENT