Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
karya arsitektur dunia
Sumber : indiathedestiny

Inspirasi memang bisa datang dari mana saja. Bisa dari pengalaman pribadi ataupun dari pengamatan mata terhadap keadaan lingkungan di sekitar kita. Begitu juga yang dialami oleh seorang arsitek dalam menghasilkan sebuah karya. Banyak sekali benda yang bisa dijadikan oleh seorang arsitek sebuah inspirasi. Bahkan benda-benda biasa yang ada di alam pun, bisa disulap menjadi sebuah karya arsitektur dunia yang menawan! Penasaran kan, apa saja sih karya arsitektur dunia yang inspirasinya berasal dari benda-benda simpel di alam semesta? Baca dulu deh, daftar rangkumannya di sini!

Karya arsitektur dunia yang terinspirasi dari kulit kerang

Karya arsitektur dunia di Abu Dhabi ini, terinspirasi dari kulit kerang, Sobat. Bangunan ini dijadikan sebagai kantor komersial berlokasi di  Al Raha Beach, Abu Dhabi.

karya arsitektur dunia
Sumber : furnizing

Tinggi atap 360 ft dan dibangun diatas lahan dengan luas area 61,900 meter persegi. MZ Architect adalah seorang arsitek yang dipercaya untuk membuat Aldar Quarters ini, dengan melibatkan perusahaan kontraktornya yang bernama ALDAR Laing O’Rourke.

Baca juga : Tiga Bangunan Menakjubkan Di Dubai

Karya arsitektur dunia yang terinspirasi dari sarang burung

Kalau karya arsitektur dunia yang satu ini sih, udah hits banget di masyarakat dunia. Dibangun untuk meramaikan event olahraga Olimpiade Beijing tahun 2008, dan akan digunakan lagi di Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade 2022.

karya arsitektur dunia
Sumber : furnizing

Dikenal dengan Bird’s Nest stadium, bangunan ini dirancang oleh beberapa arsitek yaitu, Jacques Herzog dan Pierre de Meuron dari Herzog & de Meuron, arsitek proyek Stefan Marbach, artis Ai Weiwei, dan CADG yang dipimpin oleh kepala arsitek Li Xinggang.

Karya arsitektur dunia yang terinspirasi dari bunga lotus

karya arsitektur dunia
Sumber : furnizing

The Lotus Temple, yang terletak di Delhi, India, adalah sebuah Rumah Ibadah Bahá’í yang didedikasikan pada bulan Desember 1986, yang menghabiskan biaya pembangunan sebesar $ 10 juta. Terkenal karena bentuknya yang seperti bunga Lotus, membuat karya arsitektur ini menjadi daya tarik yang menonjol di kota. Seperti semua Rumah Ibadah Bahá’í, The Lotus Temple terbuka untuk semua, tanpa memandang agama atau kualifikasi lainnya.

Baca juga : Kota Pink Eksotisme India Yang Tersembunyi

karya arsitektur dunia
Sumber : archdaily

Bangunan ini terdiri dari 27 “kelopak bunga” berlapis marmer yang diatur dalam kelompok tiga untuk membentuk sembilan sisi, dengan sembilan pintu membuka ke aula tengah dengan ketinggian sedikit lebih dari 40 meter dan kapasitas dari 2.500 orang.  The Lotus Temple telah memenangkan banyak penghargaan arsitektur, bahkan dalam Laporan CNN di tahun 2001, menyebutnya sebagai bangunan yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Karya arsitektur dunia yang terinspirasi dari ikan mas

Apa yang terlintas di benak Sobat Rooang, dengan bentuk bangunan yang terinspirasi dari metafora bentuk ikan mas berikut ini? Cantik? Unik? Atau malah lucu?

karya arsitektur dunia
Sumber : Pinterest

Yap, instalasi unik, cantik dan lucu ini ternyata merupakan salah satu karya dari Frank Gehry lho!! Dibangun di kawasan Barcelona untuk menyambut Olimpiade Barcelona 1992, maka diputuskanlah untuk membuat satu instalasi yang ikonik. Rangka baja yang terpampang oleh cahaya matahari laut Mediterania ini, akan bersinar keemasan seperti seekor ikan mas, dan membuat instalasi unik menjadi terlihat lebih atraktif.

Karya arsitektur dunia yang terinspirasi dari tetesan air

National Aquatics Centre, adalah pusat akuatik yang dibangun di samping Stadion Nasional Beijing di Olympic Green untuk kompetisi renang Olimpiade Musim Panas 2008.

karya arsitektur dunia
Sumber : furnizing

Setelah Olimpiade 2008, bangunan ini mengalami perubahan senilai 200 juta yuan untuk mengubah setengah dari interiornya menjadi taman air. Gedung ini secara resmi dibuka kembali pada 8 Agustus 2010, dan akan menjadi tuan rumah di Olimpiade Musim Dingin 2022.

1 COMMENT