1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
Sumber: decorpad

Ada beberapa jenis bahan yang biasa digunakan sebagai pintu kamar mandi. Misalnya seperti pintu vinyl, pintu kayu, aluminium atau jenis-jenis lainnya. Yang mana tentunya masing-masing bahan membutuhkan cara perawatan yang berbeda-beda dari tiap jenisnya. Sehingga karena cara merawat pintu kamar mandi tersebut dilakukan dengan benar, pintu kamar mandi pun jadi bisa bertahan lama dan lebih awet.

Mengingat pintu kamar mandi juga bisa cepat rusak karena sering terkena cipratan air dari dalam kamar mandi. Terlebih udara lembap kamar mandi juga bisa menyebabkan pintu lebih cepat lapuk dan berjamur.

Karenanya agar lebih tahan lama, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Sobat Rooang. Nah, simak yuk bagaimana caranya merawat pintu kamar mandi berdasarkan masing-masing jenisnya tersebut.

Baca Juga: Membuat Kamar Mandi Idaman Yang Ideal Dan Cantik

Merawat Pintu Kamar Mandi Berbahan Kayu

  1. Pintu kamar mandi dengan material kayu bisa mudah lapuk jika sering terkena air. Selain itu air juga bisa menimbulkan jamur pada bagian pintu. Nah untuk menyiasatinya jika ingin memiliki pintu kamar mandi berbahan kayu, sebaiknya Sobat Rooang memasangnya sedikit jauh dari area basah kamar mandi. Dengan demikian Sobat Rooang bisa meminimalkan resiko pintu terkena air.
  2. Jika terlanjur terkena percikan air, sebaiknya segera keringkan agar tidak membekas dan membuat kayu jadi lembap.
  3. Hindari menggunakan pembersih dari bahan kimia yang mengandung asam basa seperti cuka atau citrus, terpentin atau cat removet, siding, beton, semen, atau brick. Mengingat bahan-bahan tersebut dapat merusak lapisan luar kayu, menghilangkan cat, atau meninggalkan noda atau hitam pada kayu.
merawat pintu kamar mandi
Sumber: dezeen

Pintu Kamar Mandi Berbahan Vinyl atau PVC

  1. Pintu kamar mandi berbahan vinyl umumnya tahan air serta antikorosi. Sehingga lebih mudah perawatannya dibanding pintu berbahan kayu. Pintu berbahan vinyl juga lebih tahan lama.
  2. Membersihkan pintu vinyl pun relatif mudah. Sobat Rooang bisa menggunakan spons yang telah dibasahi dengan campuran air dan deterjen hingga berbusa, kemudian mengusapkannya pada seluruh permukaan pintu. Setelah seluruh bagian pintu digosok menggunakan spons tersebut, Sobat Rooang bisa membilas pintu dengan spons dan air bersih, kemudian mengelapnya hingga kering.
merawat pintu kamar mandi vinyl
Sumber: aliexpress

Pintu Berbahan Aluminium

  1. Sepeti halnya pintu berbahan vinyl, pintu kamar mandi berbahan aluminium juga tahan air dan anti korosi. Namun pintu berbahan aluminium lebih rentan terkena goresan dan penyok alias ringkih. Selain itu, pada saat proses buka dan tutup, setelah lama digunakan akan timbul suara derit yang cukup nyaring dan mengganggu.
  2. Untuk merawatnya, Sobat Rooang bisa menggunakan campuran 2 sendok krim tartar dengan air mendidih. Kemudian ratakan campuran tersebut ke seluruh bagian pintu aluminium menggunakan kuas. Setelah mendiamkannya selama beberapa menit, Sobat Rooang bisa membilasnya dengan air bersih, kemudian mengelapnya hingga kering.