1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
pemanfaatan ruang bawah tangga
Sumber : madisonark

Hunian berlantai dua pasti tidak lepas dari area tangga. Tangga yang menjadi penghubung antara lantai satu dan lantai dua ini tentunya jadi satu area dalam hunian yang wajib untuk dimanfaatkan dengan baik. Apa saja bentuk pemanfaatan ruang bawah tangga untuk sebuah hunian?

Kamar mandi jadi satu bentuk pemanfaatan ruang bawah tangga yang fungsional

Untuk membuat ruangan di dalam hunian menjadi fungsional, sepertinya pemanfaatan ruang bawah tangga menjadi sebuah kamar mandi adalah solusi tepat. Soalnya kan kamar mandi di bagian bawah hunian jauh lebih dibutuhkan ketimbang di lantai atas. Jadinya bakal lebih pas, jika Sobat Rooang lebih banyak menyediakan kamar mandi di area lantai satu hunian, yang mana bisa dimanfaatkan juga ketika sedang banyak tamu atau kerabat berkunjung.

pemanfaatan ruang bawah tangga
Sumber : GoDownsize
pemanfaatan ruang bawah tangga
Sumber : idealsad

Ruang penyimpanan barang juga satu bentuk pemanfaatan ruang bawah tangga yang tepat

Selain menjadi ruang atau area kamar mandi, bentuk pemanfaatan ruang bawah tangga itu juga bisa Sobat jadikan sebagai ruang penyimpanan barang. Area penyimpanan dengan rak geser ini memungkinkan berbagai barang disimpan dengan rapi. Saat mengambil atau meletakkan pun tidak berantakan karena mudah dijangkau. Barang yang disimpan pun bebas kok, mau barang apa saja!

pemanfaatan ruang bawah tangga
Sumber : Houzz
pemanfaatan ruang bawah tangga
Sumber : Expert Home Tips

Boleh dijadikan sebagai ruang penyimpanan sepatu-sepatu koleksi milik Sobat~

pemanfaatan ruang bawah tangga
Sumber : Laisumuam

Jadi ruang penyimpanan untuk barang-barang darurat seperti payung, jas hujan, keranjang, alat olahraga, dan yang lainnya juga bisa. Sehingga saat keluar atau masuk ke dalam rumah, berbagai keperluan mudah disimpan, dicari ataupun diletakkan agar tetap rapi.

pemanfaatan ruang bawah tangga
Sumber : tierraeste

Menjadi ruang kerja yang produktif dan tenang untuk bekerja

Jika tidak punya banyak ruang dalam rumah untuk bekerja secara produktif, bisa jadi ruang bawah tangga dimanfaatkan. Kemiringan tangga tersebut dapat dimanfaatkan untuk rak buku sehingga setiap ruasnya dapat terpakai. Pilihlah meja dengan ukuran yang pas dengan lebar tangga sehingga tidak akan menutupi jalan koridor di sebelah tangganya.

pemanfaatan ruang bawah tangga
Sumber : Pinterest

Perhatikan seluruh elemen di dalamnya agar terpasang pas di dalam ruang kosongnya. Dan jangan lupa, untuk menggunakan warna yang pas dengan warna tangga dan keseluruhan ruang agar terlihat menyatu.

Tertarik untuk melakukan pemanfaatan ruang bawah tangga yang mana nih, Sobat?