1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
lantai kamar tidur
Sumber: floorideas

Lantai kamar tidur termasuk salah satu bagian penting untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman. Mengingat lantai kamar adalah salah satu bagian yang pertama kali diinjak saat pagi hari baru bangun tidur, dan yang paling akhir diinjak saat malam hari akan tidur. Artinya lantai kamar haruslah nyaman untuk dipijak, juga cantik dipandang.

Namun beberapa orang justru sering kali meremehkan lantai, sehingga sering kali jadi bagian yang terlupakan saat mendesain sebuah kamar tidur. Padahal bagi sebuah kamar, terutama kamar anak, area lantai bisa jadi area mereka bermain dan beraktivitas dalam waktu yang lama lho. Jadi bisa dibayangkan betapa tak nyamannya jika kita salah memilih material lantai bukan?

Ini lho beberapa¬†alternatif untuk pilihan lantai kamar tidur yang bisa Sobat Rooang pertimbangkan baik-baik agar tak salah pilih…

Lantai Kayu Untuk Kamar Tidur

Kayu termasuk salah satu material yang bisa dijadikan pilihan untuk lantai kamar tidur. Meski teksturnya kasar dan tak selembut karpet, namun lantai kayu biasanya terkesan hangat dibanding keramik atau ubin. Tampilan lantai kayu juga bisa membuat interior kamar tidur tampak lebih cantik dan menyenangkan lho.

lantai kamar tidur dengan kayu
Sumber: myscandinavianhome

Namun ada baiknya jika ingin menggunakan lantai kayu untuk kamar tidur, Sobat Rooang memilih jenis yang kuat sehingga lebih tahan lama dan awet. Perawatannya juga harus diperhatikan agar lantai kayu selalu tampak cantik dan baik.

Keramik Termasuk Lantai Kamar Yang Banyak Dipilih

Keramik termasuk salah satu material untuk lantai kamar yang juga cukup banyak dijadikan pilihan, selain lantai kayu. Mudah didapat, harganya cukup terjangkau, keramik juga tak membutuhkan perawatan yang rumit. Keramik juga mudah dibersihkan dan tahan lama.

lantai kamar tidur dengan keramik
Sumber: bollywoodsongs

Hanya saja keramik mungkin akan memberi efek yang terasa lebih dingin saat Sobat Rooang pertama kali menginjakkan kaki di pagi hari. Namun pada saat siang hari, keramik mungkin membuat ruangan terasa lebih nyaman dan dingin.

Vinyl Juga Tak Kalah Oke Lho!

Menjaga kebersihan lantai vinyl cukup mudah. Jadi jika Sobat Rooang menggunakannya untuk lantai kamar anak, Sobat Rooang pun akan lebih mudah juga untuk menjaga kebersihannya serta membersihkannya jika terkena kotoran. Namun saat pertama kali mengaplikasikannya pada lantai, tak jarang akan ada bau kimia yang tercium yang kemudian akan menghilang seiring berjalannya waktu.

lantai kamar tidur dengan vinyl
Sumber: counter.space

Vinyl juga dapat dijadikan pilihan jika Sobat Rooang ingin memiliki lantai dengan motif kayu pada kamar tidur, namun menginginkan harga yang lebih terjangkau dan mudah perawatannya.

Lantai Kamar Tidur Yang Dilapisi Karpet

Pengaplikasian karpet pada lantai kamar tidur bukan hanya akan mempercantik dekorasi interior kamar, namun juga membuat lantai kamar terasa lebih hangat. Karenanya Sobat Rooang bisa menggunakannya pada lantai keramik untuk mengurangi efek dingin yang mungkin cukup mengejutkan saat pagi hari.

lantai kamar tidur dengan karpet
Sumber: littlegreennotebook

Karena sifat karpet yang mudah membuat debu menumpuk, pastikan Sobat Rooang tak lupa membersihkannya secara rutin ya. Mengingat efek debu dan kotoran yang menumpuk juga dapat mengganggu kesehatan. Pengaplikasiannya pun bisa untuk seluruh lantai kamar atau sebagian saja, bisa disesuaikan dengan keinginan Sobat Rooang.

Baca Juga: Karpet Untuk Kamar Tidur, Perlu Nggak Sih?

Karenanya memilih material yang tepat untuk lantai, mengharuskan Sobat Rooang membuat beberapa kriteria sesuai dengan kebutuhan. Bisa jadi tampilan lantai adalah yang paling utama, namun bisa juga kenyamanannya saat diinjak yang lebih utama. Pertimbangkan sebaik mungkin ya, Sobat Rooang.