1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
Sumber: Humas Pemkot Surabaya

Transportasi umum sudah cukup lama digalakkan oleh pemerintah. Termasuk pemerintah Kota Surabaya. Karena itu, adanya bus suroboyo di Kota Surabaya diharapkan dapat mengurangi kepadatan. Tak hanya itu, juga ada beberapa kelebihan lain dari Bus Suroboyo ini lho.

Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Bus Suroboyo…

  • Beroperasi setiap hari Senin – Sabtu pada pukul 06.00 – 22.00 WIB. Sedangkan pada hari Minggu, karena adanya kegiatan CFD (Car Free Day) maka Suroboyo Bus baru beroperasi pada pukul 10.00 – 22.00 WIB.
  • Pembayaran menggunakan sampah botol plastik. 3 botol plastik berukuran besar atau 5 botol plastik berukuran sedang atau 10 gelas plastik untuk 1x perjalanan.
  • Karena memang tujuannya adalah untuk mengurangi sampah, jadi tidak ada alternatif pembayaran dengan alat tukar lainnya ya, Sobat Rooang. Tapi jika Sobat Rooang punya cukup banyak sampah botol plastik, Sobat Rooang bisa menukarnya di tempat penukaran yang disediakan (untuk saat ini baru ada di Purabaya dan Rajawali). Nantinya Sobat Rooang akan diberi kartu khusus berstiker yang bisa ditunjukkan setiap kali naik Bus Suroboyo.
  • Sobat Rooang bisa naik bus tersebut hingga ke titik terakhir, kemudian kembali ke tempat semula dengan 1x pembayaran saja.
bus suroboyo
Sumber: ROOANG / Niyasyah
  • Jika turun di salah satu titik pemberhentian, Sobat Rooang masih bisa naik dengan gratis Bus Suroboyo berikutnya. Dengan syarat tidak lebih dari 2 jam ya!
  • Saat ini, waktu tunggu setiap Suroboyo Bus kurang lebih sekitar 15-20 menit. Nantinya kalau armadanya sudah semakin banyak, tidak menutup kemungkinan bisa lebih cepat lagi.
  • Untuk mengurangi tindak pelecehan seksual serta tindak kejahatan lainnya, tempat duduk untuk perempuan dan laki-laki dipisah. Selain itu, tiap bus juga dilengkapi dengan 12 CCTV pada bagian dalam bis. Jadi lebih aman bukan?
  • Karena ketinggian pintu masuknya sejajar dengan pedestrian, jadi lebih ramah untuk lansia serta ibu hamil. Bahkan untuk difabel, akan ada petugas yang membantu penumpang naik atau turun bis lho.

Bahkan karena peminat yang semakin banyak dan tingginya permintaan, Suroboyo Bus yang sebelumnya hanya melayani rute Purabaya -Rajawali, sejak September kemarin sudah menambah rute baru lho! Rute baru ini melayani rute Barat (Halte Unesa Lidah Wetan) – Timur (Halte ITS). Jadi dengan adanya rute baru, Sobat Rooang juga bisa semakin mudah menuju tempat tujuan dengan menggunakan Suroboyo Bus.

Kalau pindah jalur atau transfer dari rute satu ke rute lainnya bisa nggak ya? Wah, bisa dong! Karena ada beberapa titik halte di mana nantinya Suroboyo Bus dari rute Purabaya – Rajawali dan rute Unesa Lidah Wetan – ITS akan bertemu. Halte mana saja yang menjadi halte transfer / halte connecting, bisa dilihat di sini ya…

 

View this post on Instagram

 

Mau pindah jalur?? Yuk dilihat dulu halte transfer/ halte connecting nya ? – #haltetransfer #suroboyobus

A post shared by SUROBOYOBUS (@suroboyobus) on

Juga Ada Bus Tumpuk Untuk Dapat Pengalaman Berbeda Lho

Yup! Bukan hanya Suroboyo Bus berwarna merah yang berkapasitas 67 orang, Pemerintah Surabaya juga meluncurkan bus tumpuk atau bus kuning double decker yang kapasitasnya lebih banyak, yaitu sekitar 71 orang. Dengan jadwal operasi yang juga sama dengan Bus Suroboyo, Bus Tumpuk ini melayani rute Purabaya – Alun-Alun Contong.

Baca Juga: Serunya Menginap Di Tab Capsule Hotel Yang Futuristik

Sistem pembayaran bus tumpuk pun sama seperti Suroboyo Bus yang menggunakan sampah botol plastik. Namun karena armadanya yang masih sangat terbatas, selisih waktu  tunggu antara bus tumpuk yang satu dengan lainnya sekitar 45 menit (atau setara dengan 2x suroboyo bus). Ke depannya, semoga armadanya bisa lebih banyak sehingga jarak kedatangan antara bus satu dengan berikutnya pun bisa lebih cepat ya.

Bagian bawah Bus Tumpuk Surabaya
bus tumpuk surabaya
Sumber: ROOANG / Niyasyah
Bagian atas Bus Tumpuk Surabaya
bus tumpuk suroboyo
Sumber: ROOANG / Niyasyah

Supaya lebih mempermudah Sobat Rooang yang ingin menggunakan Suroboyo Bus dan Bus Tumpuk ini, Sobat Rooang bisa unduh aplikasi GOBIS di Play Store. Sobat Rooang bisa memantau lokasi bis terdekat dan titik-titik halte pemberhentiannya di aplikasi ini. Seru bukan? Yuk naik Suroboyo Bus!