1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
cara membangun kamar mandi
Sumber : apartmenttherapy

Persoalan membangun hunian memang selalu menarik untuk dibahas. Dimulai dari perencanaan sampai tahap perancangannya, selalu punya sisi menarik untuk dibahas. Kali ini perbincangan akan mengarah kepada kamar mandi. Ternyata ada banyak cara lho, untuk bisa mendapatkan proses pembangunan kamar mandi yang murah. Lantas bagaimana cara membangun kamar mandi yang murah tersebut? Nih, sedikit ulasannya untuk Sobat Rooang!

Tentukan letak dan posisi kamar mandi

Penentuan letak dan posisi kamar mandi adalah hal pertama yang harus Sobat Rooang perhatikan. Oleh karena itu, coba deh buat dulu sketsa kasar denah kamar mandi yang akan dibangun. Isi denah itu meliputi arah pintu kamar mandi, letak kloset, letak shower hingga letak wastafel.

cara membangun kamar mandi
Sumber : architecturaldigest

Posisi dan letak kamar mandi yang tepat juga penting, untuk keseluruhan jalur sirkulasi hunian. Idealnya, kamar mandi harus berada di dekat ruangan lain dimana air sering digunakan seperti tempat mencuci dan dapur. Sehingga memudahkan dalam membuat perancangan pipa air dan jalur pembuangan. Dan penting juga untuk direncanakan, sebab jika dilakukan secara sembarangan, maka total biaya yang dikeluarkan bisa membengkak!

Perhatikan luasan ruangan kamar mandi

Satu cara membangun kamar mandi yang juga penting untuk Sobat perhatikan adalah soal besar luasan ruangan. Karena dengan memperhatikan luasan ruangan kamar mandi, Sobat jadi tahu akan membuat gaya desain kamar mandi yang seperti apa.

cara membangun kamar mandi
Sumber : Hative

Menghitung jumlah anggota keluarga

Sebuah keluarga yang menggunakan kamar mandi memiliki kebutuhan berbeda dibandingkan dengan pasangan orang lanjut usia atau rumah yang hanya dihuni satu orang. Jadi, penting juga untuk Sobat Rooang menghitung jumlah anggota keluarga, ketika akan membangun sebuah kamar mandi.

cara membangun kamar mandi
Sumber : Ideal Home

Sebab, dengan begitu kebutuhan semua anggota keluarga akan lebih bisa dipenuhi. Dan juga semua produk pengisi kamar mandi yang dibeli, tidak akan sia-sia.

Cara membangun kamar mandi yang tepat harus melihat pemilihan produknya

Soal cara membangun kamar mandi yang tepat dan efektif, juga penting untuk memperhatikan pemilihan produknya. Seperti memilih produk shower, kemudian memilih jenis keramik kamar mandi tentu tidak bisa sembarangan kan?!

cara membangun kamar mandi
Sumber : Trendir

Baca juga : Prediksi Produk Sanitary Yang Akan Jadi Tren Di 2019

Perlu perencanaan yang matang, supaya tidak perlu bolak-balik membeli perabotan baru setiap saat.

cara membangun kamar mandi
Sumber : Home Interior Design Ideas

Melakukan pemisahan antara area kamar mandi kering dan area yang basah berguna untuk menentukan jenis material dari perabotan di kamar mandi. Di area kamar mandi yang basah misalnya, sebaiknya menggunakan furnitur dan peralatan kamar mandi yang tidak rusak meski terpapar air secara konsisten seperti keramik kamar mandi, marmer, dan stainless steel.

Hitung dengan teliti anggaran dana yang dimiliki

Nah ini nih yang paling penting dalam membangun kamar mandi pada hunian. Hitunglah dengan baik dan rinci, anggaran dana atau budget yang Sobat Rooang miliki.

cara membangun kamar mandi
Sumber : Hawthorne Creek Homes
cara membangun kamar mandi
Sumber : Ideal Home

Memang, miliki kamar mandi yang cantik dan nyaman merupakan impian semua orang. Tapi tidak semua orang memiliki budget untuk menciptakannya. Jadi, jika Sobat memiliki dana yang terbatas, coba untuk mengutamakan fungsi ketimbang elemen estetis dari kamar mandi.