1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
cara memilih tali makrame
Sumber : creativebug

Makrame merupakan kerajinan tangan yang menggunakan tali sebagai media utamanya. Namun seiring berjalannya waktu, kerajinan atau hiasan makrame ini malah populer dijadikan sebagai, elemen dekorasi rumah. Nah, untuk kamu yang baru memulai hobi membuat makrame ini, pasti sering deh merasa kesulitan untuk memilih tali makrame yang benar. Makanya nih ada sedikit tips dan trik, untuk kalian semua mengetahui cara memilih tali makrame yang benar?

Mempertimbangkan ukuran adalah satu cara memilih tali makrame

Karena makrame bisa digunakan untuk menjadi wadah tanaman hias atau kokedama di dalam rumah, maka Sobat Rooang harus tahu dulu mau menggunakan ukuran tali makrame yang mana.

cara memilih tali makrame
Sumber : macramelovers
cara memilih tali makrame
Sumber : Pinterest

Adapun cara memilih tali makrame, kamu harus memperkirakan tebal tipisnya benang. Jika kamu ingin menghias dekorasi makrame dengan manik-manik atau kancing, kamu harus memilih diameter tali yang besar. Biasanya, tali yang berukuran lebih dari 4 mm membutuhkan hiasan yang lebih besar. Selain itu mempertimbangkan panjang ukuran tali makrame juga penting loh! Apalagi jika Sobat masih ingin menyimpannya untuk, berkreasi di masa mendatang.

Lihatlah komposisi material pembentuk tali makrame

Tali makrame berasal dari beragam bahan, mulai dari cotton, nylon, tali rami, polyester, kulit, hingga linen. Disarankan, bagi pemula untuk memilih tali makrame berbahan nylon, sebab tali nylon mudah diurai ulang ketika Sobat melakukan kesalahan mendesain makrame.

cara memilih tali makrame
Sumber : Parlor Diary

Jenis lilitan tali makrame

Ternyata dari segi lilitan talinya, ada 3 macam jenis tali makrame yang wajib Sobat Rooang ketahui nih!

cara memilih tali makrame
Sumber : homevibes

Terdapat tiga jenis lilitan tali makrame, yaitu lilitan berkepang, tiga lilitan, dan satu lilitan. Tali makrame lilitan berkepang adalah tali yang berbentuk kepang yang cukup banyak. Tali makrame tiga lilitan adalah tali yang terdiri dari tiga lilitan yang dililit lagi hingga menjadi satu kesatuan. Tali ini kerap digunakan di kapal-kapal laut. Tali satu lilitan terdiri dari benang-benang yang dililit menjadi sebuah tali.

cara memilih tali makrame
Sumber : darlingmagazine

Jika Sobat ingin membuat tassel, kamu bisa mengurai tali-tali tersebut dengan menyisirnya. Sebagai saran, ada baiknya bila Sobat memakai lilitan yang berkepang. Meski sulit untuk diurai, kamu akan mendapatkan tassel yang lebih bagus.

Pertimbangkan juga tekstur tali makrame

Satu lagi nih, cara memilih tali makrame yang baik dan benar. Yaitu Sobat Rooang harus dengan jeli untuk memperhatikan tekstur talinya. Di antara banyak jenis dan tipe tali makrame, ada beberapa yang bertekstur kasar dan tidak baik bagi kulit.

cara memilih tali makrame
Sumber : scarlettalley

Untuk dekorasi makrame yang hasilnya langsung bersentuhan dengan kulit seperti sarung bantal dan alas tidur, Sobat bisa menggunakan tali berbahan nylon, sutera, rayon, katun, satin, dan kulit.

cara memilih tali makrame
Sumber : Guide Patterns

Sedangkan untuk dekorasi makrame yang dipajang di dinding, Sobat bisa menggunakan jenis dan tekstur tali yang pas dengan konsep pajangan yang akan dibuat.

Jangan lupakan soal kekuatan tali

Cara memilih tali makrame juga tidak boleh melupakan kekuatan tali makrame itu sendiri. Apalagi jika makrame itu digunakan untuk menggantung pot tanaman, pastinya membutuhkan jenis tali yang punya kekuatan sangat baik.

cara memilih tali makrame
Sumber : Notonthehighstreet

Khusus dekorasi yang berfungsi menopang barang, memang diperlukan tali makrame yang kuat. Dan Sobat Rooang bisa menggunakan tali berbahan kulit, nylon, dan rami.

1 COMMENT