1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
karakteristik rumah tropis
Sumber : Home Stratosphere

Rumah yang bagus itu adalah rumah yang didesain menyesuaikan dengan iklim di sekitarnya. Supaya rumah bisa jadi sesuatu benda yang bukan merusak lingkungan, namun malah ada untuk membantu keindahan di lingkungan sekitar. Kayak karakteristik rumah tropis berikut ini lho, ternyata pas banget sama iklim tropis di Indonesia. Mau tahu apa saja ciri-ciri dan karakteristik dari rumah tropis? Simak uraiannya berikut ini!

Selalu mengaplikasikan elemen natural pada desainnya

Karakteristik rumah tropis yang paling mudah untuk diidentifikasi adalah penggunaan bahan material alami dan natural seperti kisi-kisi kayu, bambu, batu alam, hingga bata roster.

karakteristik rumah tropis
Sumber : Tyzha Inandia
karakteristik rumah tropis
Sumber : bluprint.onemega
karakteristik rumah tropis
Sumber : livingasean

Dari banyaknya elemen bahan bangunan yang bernuansa natural tersebut, pasti bisa membuat tampilan hunian gaya tropis milik Sobat lebih menyatu dengan iklim lingkungan sekitar.

Banyak menggunakan tanaman di dalam maupun luar ruangan

Karakteristik rumah tropis juga sangat identik dengan banyaknya tanaman di sekitar bangunan.

karakteristik rumah tropis
Sumber : INDESIGNLIVE SINGAPORE

Umumnya tanaman yang diletakkan di luar ruangan memiliki daun yang rimbun, demi membuat suasana outdoor jadi adem. Sedangkan tanaman untuk di dalam ruangan sebaiknya pilih tanaman yang berdaun agak jarang, berukuran kecil dan hindari untuk menaruhnya di tempat yang gelap. Sebab, meski diletakkan di dalam ruangan tanaman juga membutuhkan cahaya matahari untuk tumbuh.

Mengoptimalkan pencahayaan alami ke seluruh ruangan

Konsep desain dari hunian tropis itu sebisa mungkin untuk memasukkan sebanyak-banyaknya pencahayaan alami ke dalam hunian. Sehingga tak heran jika banyak desain hunian tropis yang membuat elemen skylight, untuk mengoptimalkan sirkulasi cahaya di dalam rumah.

karakteristik rumah tropis
Sumber : waveavenue

Karakteristik rumah tropis berikutnya memiliki banyak bukaan

Elemen pintu dan jendela atau bukaan di dalam hunian tropis, adalah satu karakteristik penting dari rumah tropis yang wajib ada, Sobat! Karena iklim tropis itu cenderung panas dan lembab, maka perlu banget jalur sirkulasi yang lebar pada hunian. Oleh karena itulah, pasti di rumah-rumah bergaya tropis selalu punya banyak bukaan, seperti inspirasi berikut ini!

karakteristik rumah tropis
Sumber : czmcam
karakteristik rumah tropis
Sumber : Helena-Source

Mengaplikasikan desain langit-langit ruangan yang lebih tinggi

Karena iklim tropis cenderung panas, maka para arsitek lebih suka untuk membuat desain langit-langit ruangan menjadi lebih tinggi dari ukuran normal.

karakteristik rumah tropis
Sumber : Pinterest

Meskipun langit-langit ruangan yang tinggi tidak menjamin kenyamanan suhu di dalam rumah, tapi setidaknya bisa sedikit membantu mengurangi hawa panas yang merupakan ciri khas iklim tropis Indonesia.