1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
kebiasaan tidak baik
Sumber : Healthline

Kamar tidur adalah ruangan yang paling sering dihuni oleh para pemilik rumah. Kita akan menghabiskan waktu paling banyak di dalam kamar tidur, entah untuk istirahat atau suatu pekerjaan. Sehingga muncul kebiasaan-kebiasaan tidak baik yang sering tidak disadari oleh para Sobat Rooang. Kira-kira apa saja bentuk kebiasaan tidak baik yang sering dilakukan di dalam kamar tidur? Temukan jawabannya di dalam penjelasan berikut ini!

Kondisi kamar tidur yang berantakan

Kebiasaan untuk malas beres-beres kamar tidur, adalah satu kebiasaan yang tidak baik untuk dipertahankan lho! Karena gara-gara Sobat Rooang malas beres-beres kamar tidur, pasti aktivitas tidur jadi terganggu dan ga nyaman.

kebiasaan tidak baik
Sumber : makupsy

Jadi, penting banget kan untuk selalu memperhatikan kebersihan dan kerapian di dalam kamar tidur. Semua itu harus dilakukan demi kenyamanan dan kesehatan Sobat Rooang sendiri.

Lupa mematikan lampu baca

Bagi Sobat Rooang yang punya hobi atau kebiasaan membaca buku sebelum tidur, pasti sering banget membuat kebiasaan tidak baik yang beikut ini! Kebiasaan tidak baik itu adalah lupa mematikan lampu baca ketika selesai membaca buku. Tentunya hal ini tidak bisa dianggap remeh, Sobat!

kebiasaan tidak baik
Sumber : finalfrontier

Soalnya ternyata meskipun cahaya lampu baca ini cenderung tidak terang, namun ternyata penting banget untuk mematikannya ketika selesai melakukan aktivitas membaca. Soalnya pancaran cahaya lampu yang masih menyala tersebut malah bisa menyebabkan tidur Sobat jadi tidak nyenyak. Menurut Joyce Walsleben, PhD., anggota asosiasi dosen di New York University School of Medicine, meskipun kita tertidur, cahaya tetap dapat terdeteksi oleh kelopak mata dan otak kita tidak akan memproduksi melatonin. Hal inilah yang sering bikin Sobat jadi susah tidur nyenyak, sampai-sampai mengalami insomnia.

Baca juga : Ternyata Ini Nih Manfaatnya Menggunakan Lampu Tidur

Main gadget sampai larut malam, jadi kebiasaan tidak baik anak millennial

Zaman millennial yang serba cepat dan semua informasinya ada di gadget, membuat ketergantungan kita pada gadget meningkat. Sehingga tidak jarang, kebiasaan main gadget sampai larut malam di atas tempat tidur jadi penyebab utama meningkatnya insomnia, di kalangan muda-mudi.

kebiasaan tidak baik
Sumber : Aaj Ki Khabar

Padahal radiasi cahaya dari gadget seperti smartphone, tablet hingga laptop itu bisa menghambat produksi hormon melatonin. Hormon melatonin ini sendiri berfungsi untuk mengatur tidur, dan jam biologis tubuh. Sehingga jika Sobat, selalu main gadget hingga larut malam, maka jelas berakibat buruk untuk kesehatan tubuh kalian. Padahal malam hari adalah waktunya untuk tubuh beristirahat.

kebiasaan tidak baik
Sumber : wellwellwell

Maka lebih baik, Sobat Rooang meletakkan semua gadget di meja yang jauh dari tempat tidur, supaya waktu beristirahat lebih terasa maksimal.