1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
tips menjaga kebersihan dapur
Sumber: lauraashleykitchencollection

Membersihkan dan menjaga kebersihan dapur menjadi salah satu kegiatan wajib bagi ibu rumah tangga yang harus dilakukan setiap hari selain memasak. Pasalnya nih, jika dapur tidak dibersihkan setiap hari, kotoran, kuman serta bakteri pasti akan menumpuk tak karuan. Terutama pada area-area yang rawan kuman seperti tempat cuci piring, kitchen set minimalis, atau sudut-sudut dapur.

Untuk itu dapur sangatlah perlu dijaga kebersihannya dengan baik sehingga bakteri dan kuman tidak tumbuh dan berkembang biak di dapur. Apalagi di area dapur makanan untuk seluruh anggota keluarga disiapkan. Jadi agar dapur bebas dari bakteri, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

Gunakan Talenan Berbeda

Seperti yang sudah kita tahu, makanan mentah memang rawan terkontaminasi bakteri. jadi ada baiknya agar bakteri-bakteri tersebut tidak campur menjadi satu dari berbagai makanan, sebaiknya talenan yang digunakan pun berbeda-beda tergantung dari jenis makanannya.

Ganti Spons Cuci Piring

Digunakan setiap hari untuk mencuci berbagai peralatan dapur, spons cuci piring tentu mudah terkena berbagai kotoran dan noda makanan. Termasuk minyak. Jadi ada baiknya jika spons cuci piring tersebut diganti secara rutin dengan yang baru agar bakteri tidak berkembang biak di sana.

menjaga kebersihan dapur
Sumber: Pinterest

Cuci Tangan Itu Juga Termasuk Cara Menjaga Kebersihan Dapur Lho!

Usahakan untuk selalu mencuci tangan setiap akan dan selesai mengolah makanan. Karena tangan adalah salah satu media penyebaran bakteri yang paling besar.

Bersihkan Wastafel Dan Kulkas

Kulkas dan wastafel tempat untuk mencuci piring termasuk area yang banyak mengandung bakteri dan tempat yang disenangi bakteri untuk berkembang biak. Untuk itu pastikan selalu membersihkan wastafel dan kulkas secara rutin.

menjaga kebersihan wastafel dapur
Sumber: Pinterest

Jangan Biarkan Makanan Matang Di Ruangan Lebih Dari 2 Jam

Makanan matang yang dibiarkan tergeletak di dalam ruangan selama lebih dari 2 jam beresiko didatangi bakteri dan kotoran. Jadi jika ada makanan yang tak habis, sebaiknya simpan dalam wadah tertutup atau memasukkannya ke dalam kulkas.

Baca Juga: Mitos Tentang Dapur, Kira-Kira Beneran Atau Enggak Sih?

Cuci Buah Sebelum Dikonsumsi

Buah yang baru dibeli sebaiknya selalu dicuci setiap kali akan mengonsumsinya. Karena selain dapat membersihkan kandungan kimia dari proses perawatannya, bakteri juga kemungkinan menempel sehingga harus dibersihkan sebelum dikonsumsi.

menjaga kebersihan di dapur
Sumber: mouthsofmums