2 votes, average: 5.00 out of 52 votes, average: 5.00 out of 52 votes, average: 5.00 out of 52 votes, average: 5.00 out of 52 votes, average: 5.00 out of 5
Loading...
tempat bersejarah
Sumber : panduanwisata

Peristiwa Sumpah Pemuda yang jatuh tepat pada hari ini, 28 Oktober jadi satu fakta yang tidak mungkin terlewatkan oleh masyarakat Indonesia. Dan karena peristiwa ini sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, jangan sampai Sobat Rooang melupakan tiga tempat bersejarah akan lahirnya peristiwa Sumpah Pemuda, lho! Lalu ada di mana saja, tiga tempat bersejarah lahirnya Sumpah Pemuda itu? Inilah penjelasan singkatnya untuk kalian semua!

Gedung Katholieke Jongenlingen Bond jadi tempat bersejarah pertama

Tempat bersejarah lahirnya peristiwa Sumpah Pemuda yang pertama adalah di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond.

tempat bersejarah
Sumber : nasional.tempo

Gedung Katholieke Jongenlingen Bond yang saat ini ditempati oleh yayasan pendidikan Santa Ursula, terletak di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB) ini menjadi tempat rapat pertama yang diadakan pada tanggal, 27 Oktober 1928 untuk membahas lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan. Bahkan menurut pendiri Komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali,  Gedung Katholieke Jongenlingen Bond ini masih berdiri hingga sekarang meskipun dengan keadaan yang agak sedikit berbeda dari waktu itu karena adanya perbaikan di sana-sini.

Gedung Oost-Java Bioscoop jadi tempat bersejarah yang kedua

Selanjutnya lokasi tempat bersejarah berikutnya ada di lokasi kedua ini terletak di Jalan Medan Merdeka Utara, ga jauh dari Istana Negara dan Mahkamah Agung. Namun Asep Kambali ragu jika bangunan ini di masa sekarang masih berdiri.

tempat bersejarah
Sumber : lifestyle.okezone

Dalam pertemuan kedua yang dilaksanakan di tanggal, 28 Oktober 1928 ini Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro selaku pembicara, sependapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan, juga harus ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan rumah.

Gedung Kramat 106 atau Museum Sumpah Pemuda

Lokasi terakhir dari pertemuan dan rundingan para pemuda sejak tanggal 27-28 Oktober 1928 berakhir di Gedung Kramat 106 atau yang kini dikenal dengan nama Museum Sumpah Pemuda.

tempat bersejarah
Sumber : aktual

Museum Sumpah Pemuda ini merupakan lokasi rapat terakhir, sekaligus jadi tempat pembacaan hasil rumusan. Dan di sini para pemuda dari berbagai organisasi pergerakan, seperti  “Jong Sumatranen Bond”, Pemuda Indonesia, Sekar Rukun, “Jong Islamienten”, “Jong Bataks Bond”, “Jong Celebes”, Pemuda Kaum Betawi dan PPPI kembali berkumpul untuk mencetuskan naskah sumpah pemuda.

tempat bersejarah
Sumber : finrollnews

Nah itulah tiga tempat yang dulunya pernah dijadikan sebagai lokasi berkumpulnya para pemuda Indonesia sebelum akhirnya melahirkan Sumpah Pemuda.