1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
tidur dengan lampu mati atau menyala
Sumber : Kawaii Beauty Japan

Perdebatan soal pemakaian lampu ketika akan tidur di dalam kamar tidur, ternyata masih jadi perdebatan di masyarakat. Banyak yang bilang tidur dengan lampu mati itu lebih sehat. Tapi beberapa kalangan juga menyebutkan, tidak apa-apa kok jika ingin tidur dengan lampu yang menyala. Jadi, mana nih yang lebih baik untuk kesehatan? Tidur dengan lampu mati atau menyala, ya? Simak dulu deh, ulasannya di bawah ini!

Pentingnya aktivitas tidur bagi manusia

Tidur adalah aktivitas vital yang wajib dilakukan oleh setiap manusia. Karena jika sampai melewatkan waktu tidur, maka ada akibat yang harus ditanggung.

tidur dengan lampu mati atau menyala
Sumber : Reader’s Digest

Sistem sirkulasi pencernaan dan ancaman penyakit berbahaya, akan mengancam kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu, jangan sering-sering begadang deh Sobat Rooang, jika ga ada tujuan yang urgent! Lebih baik cepat tidur, agar aktivitas keesokan hari bisa dijalani dengan kondisi tubuh yang segar dan bugar.

Tidur dengan lampu mati atau menyala, mana yang lebih baik

Lanjut pada pertanyaan, tidur dengan lampu mati atau menyala yang lebih baik untuk kesehatan? Coba simak dulu sedikit penjelasannya berikut ini!

tidur dengan lampu mati atau menyala
Sumber : AD RescueWear

Tidur adalah aktivitas personal seseorang yang memiliki, tata cara berbeda antar masing-maasing individu. Sehingga tidak bisa dibuat satu aturan baku yang memaksa orang, untuk wajib mengikuti aturan tersebut. Namun pada kenyataannya, perdebatan soal, tidur dengan lampu mati atau menyala ini terus-menerus berlangsung tiada henti. Sehingga, Rooang mencoba memberikan sedikit gambaran bagi para Sobat Rooang semua, dengan mengambil beberapa pernyataan dokter atau ahli kesehatan dari berbagai sumber.

Pertama, katanya tidur dengan lampu menyala itu bisa menyebabkan kanker

Karena kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang ada di dunia, memang selalu mengerikan jika mendengar bahwa satu kebiasaan manusia bisa menjadi faktor penyebab kanker. Nah, ternyata menurut hasil penelitian di Chronobiology International, menyebutkan jika keberadaan cahaya lampu di malam hari adalah faktor risiko yang signifikan untuk memicu kanker payudara! Penelitian ini mengkaji data dari sebanyak 1.679 perempuan, Sobat Rooang.

tidur dengan lampu mati atau menyala
Sumber : asymptotejournal

Namun menurut ilmuwan lain, berpendapat bahwa setiap gangguan pada ritme sirkadian ternyata dapat memicu pelepasan hormon stress. Dan inilah yang dapat meningkatkan risiko kanker.

Kedua, tidur dengan lampu menyala menyebabkan badan mengalami kegemukan

Cahaya lampu di dalam kamar tidur yang dibiarkan menyala, secara tidak langsung akan mempengaruhi hormon di dalam tubuh. Apalagi sirkulasi tubuh kita selama 24 jam itu mengontrol beberapa hormon seperti ghrelin, insulin dan serotonin yang berpengaruh kepada nafsu makan, penyimpanan lemak, dan mood. Makanya jika sering tidur larut malam, pasti Sobat Rooang akan lebih sering merasa lapar.

tidur dengan lampu mati atau menyala
Sumber : Vox

Dan hal-hal seperti ini yang bisa menyebabkan kegemukan, penyakit diabetes tipe 2, hingga depresi. Bahkan, dokter dan ilmuwan di American Medical Association mulai khawatir, karena kejadian seperti ini jumlahnya terus meningkat.

Ketiga, penyebab insomnia adalah karena tidur dengan lampu menyala

Para ahli percaya, bahwa menyalakan lampu di malam hari itu, dapat membawa dampak biologis yang tidak baik. Bahkan sebuah studi di Harvard menemukan bahwa pencahayaan lampu kamar pada larut malam yang berasal dari lampu pijar dapat mengurangi tingkat melatonin, sehingga malah membuat kita menjadi sulit tertidur atau insomsia.

tidur dengan lampu mati atau menyala
Sumber : FamilyDoctor

Bahkan tidak hanya lampu yang ada ada di atas kepala yang membahayakan, tapi seluruh tingkat pencahayaan yang dapat ditemukan di rumah pada malam hari seperti layar komputer, televisi, dan ponsel dapat menekan sekresi melatonin.

Tapi tentunya selain tiga alasan di atas, ada penyebab lain kenapa Sobat Rooang merasa lebih nyaman tidur dengan lampu menyala. Alasannya bisa macam-macam, mungkin karena ada yang punya phobia ruangan gelap, sehingga harus tidur dengan lampu menyala. Namun yang penting adalah jangan sampai mengabaikan soal kesehatan tubuh Sobat Rooang ya! Sebab, kesehatan itu adalah investasi utama setiap manusia.