1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
mengatasi cat dinding yang mengelupas
Sumber : Chatelaine

Bagaimana sih, mengatasi cat dinding rumah yang mengelupas? Pasti banyak banget deh, Sobat Rooang yang mengalami kasus seperti itu di rumah. Sebenarnya kasus mengelupasnya cat tembok atau flaking, memang sangat sering terjadi dan menyebabkan kejengkelan sehingga kadang-kadang, kita buru-buru menyalahkan cat yang kita beli, tanpa mencari sumbernya terlebih dulu.

Cat dinding yang mengelupas bisa terjadi karena kondisi dinding memang lembab. Hal ini bisa disebabkan oleh rembesan air dari talang yang konstruksinya kurang baik, atau kondisi tembok yang bersebelahan dengan taman. Kandungan air tanah yang tinggi di taman akan merambat naik pada pori-pori dinding sehingga dinding selalu basah.

Campuran semen dan pasir yang kurang pas atau proses pengeringan dinding yang belum cukup umur, menyebabkan tembok masih mengandung garam alkali yang tinggi. Jika ini terjadi, maka Sobat harus merenovasi ulang tembok rumah karena masalahnya sudah menyangkut konstruksi rumah.

Sebelum kita tahu soal bagaimana caranya mengatasi cat dinding yang mengelupas, kita wajib tahu dulu kan apa saja faktor penyebabnya. Nah, hal-hal berikut ini nih yang biasanya jadi pemicu sebuah cat dinding di rumah lebih gampang terkelupas :

mengatasi cat dinding yang mengelupas
Sumber : bobvila
mengatasi cat dinding yang mengelupas
Sumber : houseofgracedesign
  1. Kondisi tembok mungkin belum benar-benar kering saat dicat.
  2. Penggunaan dempul atau plamir dinding yang mutunya rendah, sehingga pada saat dicat, dempul atau plamir tersebut terangkat atau tidak bisa bertahan lama.
  3. Tidak menggunakan cat dasar.
  4. Pengecatan pada permukaan yang mengandung debu, kotoron, atau minyak sehingga daya rekat cat menjadi berkurang.
  5. Lapisan cat lama tidak dikerok terlebih dahulu, sehingga terkelupas oleh lapisan cat baru yang mutunya lebih tinggi. Atau bisa juga karena pengecatan dilakukan di atas cat yang lama sudah mengapur, sehingga mudah mengelupas.

Setelah Sobat sudah tahu penyebabnya, maka cara untuk mengatasi cat dinding yang mengelupas itu adalah sebagai berikut :

  • Memperbaiki sumber kebocoran, agar air tidak merembes ke dinding.
  • Mengerok lapisan cat yang terkelupas sampai terlihat permukaan, kemudian bersihkan permukaan dari debu dan kotoran. Baru kemudian melapisinya dengan cat dasar/primer coat. Biarkan cat dasar tersebut mengering secara sempurna sebelum diakhiri dengan finishing coat.
  • Gunakan cat tembok dengan kualitas yang baik dimana daya rekat dan elastisitasnya baik, sehingga daya tahannya lebih lama dan tidak perlu terus-menerus mengulang pengecatan. Gunakan cat tembok yang mengandung acrylic terutama untuk dinding luar, yaitu TAKA Paints Florance yang memiliki hasil sempurna khususnya dalam aplikasi warna cat putih.
mengatasi cat dinding yang mengelupas
Sumber : TAKA Paints
  • Menggunakan cat tembok dengan kualitas rendah memang harganya lebih murah, tetapi jika membuat dinding terus-menerus mengelupas, ya buat apa!? Mending pilih TAKA Paints Florance yang sudah jelas dan terbukti kualitasnya!

Bikin tembok rumah
seputih masker istri kamu!

Hubungi DR Florance White sekarang di Sejasa.com!*
Tembok mulus terima beres!

Cat Rumahmu Sekarang