1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
jenis-jenis teras rumah
Sumber : Home Stratosphere

Tahukah Sobat Rooang jika ternyata beranda atau teras rumah ini, punya beberapa jenis. Dan ternyata dari jenis-jenis teras rumah itu, beda-beda juga perlakuannya ketika masuk proses desain. Seperti apa sih, inspirasi untuk mendesain jenis-jenis teras rumah yang ternyata beragam ini? Yuk, sama-sama simak informasinya berikut!

Jenis-jenis teras rumah yang fungsinya untuk melindungi bangunan

Karena ternyata jenis-jenis teras rumah itu ada beragam, dimulai dulu dari beranda. Beranda sendiri diambil dari kata Veranda, yang kata dalam bahasa Hindi yang kemudian diadaptasi menjadi kata beranda dalam bahasa Spanyol dan bahasa Portugis. Lalu kenapa bisa beranda itu disebut sebagai, teras rumah yang bisa melindungi bangunan?

jenis-jenis teras rumah
Sumber : emilyaclark

Jawabannya adalah karena di Australia serta Selandia Baru para warganya, sengaja merancang dan membangun beranda rumah mereka mengelilingi bangunan, demi untuk melindungi hunian dari teriknya sinar matahari. Soalnya kan, ketika ada beranda di depan rumah sinar matahari tidak akan langsung mengenai bagian dalam rumah.

Jenis teras rumah yang seperti gerbang masuk

Jenis-jenis teras rumah lainnya disebut dengan nama porch atau serambi. Porch atau serambi yang berasal dari kata ‘Porta’ dalam bahasa Latin, yang memiliki arti gerbang atau masuk juga merupakan kata lain yang digunakan untuk menyebut bagian depan rumah.

jenis-jenis teras rumah
Sumber : designtrends

Umumnya sih desain porch atau serambi ini dirancang agak lebih tinggi dari halaman rumah. Supaya terasa makna serambi sebagai ‘gerbang rumah’ lebih terasa maksimal. Porch adalah teras kecil dengan struktur kayu yang memiliki pintu masuk pada bagian depannya. Berbagai rumah dengan gaya Victoria di Amerika Serikat kebanyakan memiliki porch yang besar dan digunakan sebagai tempat untuk bercengkrama dengan anggota keluarga ataupun tetangga.

Jenis teras rumah untuk acara pesta keluarga

Kata ‘deck’ sendiri berasal dari Middle Low Verdeck di Jerman dan memiliki arti menutupi. Biasanya, deck memiliki ukuran yang besar, memiliki bentuk seperti lantai kayu yang terpasang di bagian belakang rumah, diberi pagar, serta memiliki tampilan kasar yang tidak tergabung dengan keseluruhan desain rumah.

jenis-jenis teras rumah
Sumber : ccsaradiomision

Deck sendiri biasanya digunakan sebagai tempat untuk menggelar acara pesta ulang tahun atau barbeque dan berdasarkan sejarah, deck untuk pertama kalinya dibangun di Atlantic City, New Jersey, Amerika Serikat.

Jenis teras rumah di area lantai dua bangunan

Untuk lantai dua atau lantai atas hunian juga ada loh, jenis teras. Namanya adalah balkon, Sobat. Berasal dari sebuah kata dalam bahasa Italia, ‘balconie’, yang artinya jendela besar.

jenis-jenis teras rumah
Sumber : Style Motivation
jenis-jenis teras rumah
Sumber : Impressive Interior Design

Balkon biasanya mempunyai desain yang dekoratif, terutama pada daerah yang memiliki pemandangan yang cantik. Selain itu, balkon umumnya didesain untuk memasukkan suasana luar ke dalam ruangan dalam sebuah rumah.

Kalau jenis teras rumah yang berikut ini, cocok untuk suasana santai

Jenis teras rumah bernama patio ini, cocok banget buat suasana hunian yang santai.

jenis-jenis teras rumah
Sumber : Style Motivation
jenis-jenis teras rumah
Sumber : ikara

Apalagi di Australia, kata patio seringkali mengacu pada tipe beranda luar ruangan yang memiliki desain unik. Jika Sobat ingin mendesain beranda rumah yang punya suasana santai, patio adalah salah satu dari desain unik beranda rumah yang bisa Sobat gunakan sebagai inspirasi.