1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
perbedaan dapur kering dan basah
Sumber : bhg

Bila dahulu dapur hanya dikenal dengan satu jenis, yaitu dapur basah saja. Namun kini, seiring dengan perkembangan kebutuhan, di rumah-rumah yang luasnya cukup memadai, kehadiran dua jenis dapur mulai marak loh! Untuk dapur kering biasa dikenal dengan istilah pantry. Lantas, apa perbedaan dapur kering dan basah yang wajib diketahui?Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu dapur kering

Penjelasan awal dimulai dari pengertian, apa itu dapur kering. jadi dapur kering atau yang sering disebut pantry, adalah jenis dapur yang berfungsi untuk membantu Sobat menyiapkan jenis makanan ringan, seperti sarapan.

perbedaan dapur kering dan basah
Sumber : savagisms
perbedaan dapur kering dan basah
Sumber : Smith & Smith Kitchens

Selain itu, dalam dapur kering ini sering juga disebut dengan nama dapur cantik, sebab di sini adalah tempat Sobat Rooang untuk display peralatan memasak dan alat makan yang bisa jadi focal point yang dekoratif!

Apa itu dapur basah

Sedangkan dapur basah yang sering disebut dengan nama dapur kotor ini, merupakan dapur yang lazim digunakan untuk kegiatan memasak yang sesungguhnya. Maksudnya adalah di dalam dapur basah inilah biasanya proses memasak yang dimulai dari, membersihkan bahan-bahan makanan dari masih berupa bahan mentah sampai menjadi makanan matang.

perbedaan dapur kering dan basah
Sumber : Better Homes and Gardens

Jika dulunya dapur basah ini dikenal kotor dan jorok, sekarang desain dapur basah sudah sangat berbeda. Penggunaan lantai kayu, material granit pada meja dapur hingga desain kabinet lemari dapur yang unik jadi daya tarik yang tidak terbantahkan.

Perbedaan dapur kering dan basah

Sekarang mulai masuk pada perbedaan dapur kering dan basah ya!

Soal ukuran

Jadi perbedaan dapur kering dan basah itu pertama-tama terletak pada luasannya. Umumnya luasan dapur kering itu jauh lebih kecil daripada dapur basah. Soalnya kegiatan di dalam dapur kering juga tidak ribet, kan! Paling hanya memanggang roti, menghangatkan cereal dan membuat kopi, jadi tidak butuh luas area yang terlalu besar.

perbedaan dapur kering dan basah
Sumber : construccionesdelnorte

Namun hal ini tentu berbeda dengan dapur basah, yang merupakan area pokok semua kegiatan memasak di rumah. Sehingga biasanya ukuran dapur basah itu dua kali lipat lebih besar daripada dapur kering, Sobat!

perbedaan dapur kering dan basah
Sumber : zyleczki

Kebutuhan alat memasak

Perbedaan berikutnya soal dapur kering dan basah adalah di dalam dapur kering itu peralatan memasaknya yang jauh lebih sedikit dibandingkan dapur basah. Kalau di dapur basah itu harus ada kompor, cooker hood, wajan, panci, sodet, dll untuk memasak.

perbedaan dapur kering dan basah
Sumber : Letsrestycle

Maka di dapur kering cukup sediakan pemanggang roti, microwave dan coffee maker saja, Sobat Rooang sudah bisa menghidangkan sarapan.

Intensitas digunakan

Untuk orang yang super sibuk, sepertinya keberadaan pantry akan jauh lebih efektif. Soalnya selain ukurannya yang tidak besar, aspek kebersihan dan perawatannya juga mudah Sobat! Dan untuk intensitas penggunaan pantry akan lebih optimal di pagi hari, ketika waktu sarapan tiba.